KEMBANGKAN OLAHRAGA : Ketua KNPI Kota Depok, Army Mulyanto bersama Wakil Ketua DPRD Depok Hendrik Tangke Allo saat foto bersama salah satu tim peserta turnamen KNPI Cup 2022 di Lapangan Jingga, Kecamatam Cipayung, Minggu (13/03). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Depok memberikan ruang kepada pesepakbola muda berusia 15 tahun agar dapat mengembangkan potensi dan bakatnya lewat kompetensi yang dilangsungkan di Lapangan Jingga, Kecamatam Cipayung, Minggu (13/03).

Ketua KNPI Kota Depok, Army Mulyanto menjelaskan, turnamen anak usia dini memang menjadi tanggung jawab bersama, termasuk KNPI. Dengan begitu bakat anak-anak akan dapat terpantau secara baik. Karena potensi dan bakat harus terus dikembangkan dengan diberi ruang seperti pertandingan semacam ini.

“Turnamen yang dikuti sejumlah remaja dari berbagai wilayah atau antar kampung. Ini menjado ajang uji kemampuan, sekaligus mencari bakat-bakat terpendam dari usia dini,” ungkapnya.

Ia menegaskan, sudah sepantasnya dam sewajibnya untuk KNPI membina anak-anak di Depok, termasuk olahraga. Sehingga pihaknya menggelar KNPI Cup 2022 guna memberikan ruang yang lebih kepada bibit muda.

Hal ini juga dapat membentuk mental setiap pemain muda di Depok agar meraih impian dan masa depan lewat bakat yang dimiliki. Sebab kegiatan seperti ini sangat dinantikan oleh anak-anak.

“Semua punya kewajiban yang sama dalam membina anak-anak. Dampaknya akan sangat baik ke depan,” papar Army dilapangan Jingga saat pembukaam turnamen KNPI Cup 2022.

Dirinya, sangat bersemangat dalam membangkitkan kembali dunia sepak bola di Depok yang sebelumnya pernah terkenal melalui klub Persikad.

“Soal Persikad sampai detik ini masih ada. Harapan kami tentu saja ketika adik-adik kita ini bisa berkembang mudah-mudahan bisa bergabung di klub Persikad, atau direkrut oleh klub bola Jingga 887 FC,” tegasnya.

Bahkan, bukan hanya itu. Turnamen juga kegiatan positif yang harus didukung seluruh pihak karena membawa dampak berbagai lini, salah satunya mengarahkan remaja ke arah lebih positif dan dunia kenakalan remaja atau anak terhindarkan.

“Turnamen ini harus didukung semua pihak, termasuk PDI P yang memberi perhatian kegiatan ini. Karena memang jelas dampaknya sangat posif dan sangat luas,” kata Army.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Depok, Hendrik Tangke Allo menambahkan, pihaknya sangat mendukung terobosan yang dilakukan KNPI di bawah komando Ketua barunya, Army.

“KNPI ini memang wadahnya anak-anak muda yang berkreasi dan penuh kontribusi, dalam menyalurkan idealisme mereka sebagai generasi muda, apakah itu di olahraga, seni atau apapun itu,” tambahnya. 

Jadi, lanjut HTA sapaan akrab Hendrik, apa yang dilakukan KNPI dengan kepengurusannya yang baru sangat luar biasa dalam berkontribusi pada generasi muda.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Depok itu berharap, program yang sudah berjalan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan.

Terlebih, KNPI adalah tempatnya anak muda untuk menyalurkan bakat dan banyak talenta-talenta yang ada di situ sehingga melalui KNPI inilah hal itu bisa terealisasi dengan baik. 

Disisi lain, Hendrik tak menampik, sebuah prestasi akan membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun dirinya optimis, kelak akan lahir bakat-bakat terbaik di Kota Depok, yang salah satunya besar dari dunia sepak bola. 

“Saya melihat pembinaan ini kan harus berjenjang dan prestasi tidak serta merta datang, harus melalui proses yang panjang. Maka pembinaan usia dini harus dilakukan dengan baik dan berkesinambungan, sehingga kelak jadi pemain yang punya masa depan cerah,” tuturnya.  

Menurut Hendrik, sebenarnya Depok ini memiliki cukup banyak bakat-bakat berpotensi, hanya saja kurang mendapat perhatian serius.

“Depok ini kan punya banyak sekali bibit-bibit potensi tapi kurang difasilitasi. Nah disitulah PDIP hadir untuk mengembangkan aset bangsa ini lewat berbagai kegiatan, termasuk turnamen sepak bola,” pungkas HTA. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya