KOMPAK : Jajaran Katar unit 02/11 dan unit 17 Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas bersama sekumpulan anak melakukan foto bersama usai mengkolaborasikan program. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Tak melulu bicara soal lingkungan sendiri, Karang Taruna (Katar) sub unit 02/11, Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas terus mendedikasikan diri dalam tumbuh anak. Kali ini, mereka menggandeng Katar unit 17 Kelurahan Pancoran untuk memadukan program masing-masing.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.CON, PANCORANMAS – Sekumpulan anak terlihat memadati lapangan kavling, RW 17, Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas. Ekspresi gembira terpancar dari wajah mereka.

Di dekat mereka, tampak sejumlah remaja uang merupakan anggota Katar dari sub unit 02/11 dan unit 17, Kelurahan Pancoranmas.

Bukan tanpa sebab, mereka sedang mencoba berkolaborasi program. Katar sub unit 02/11 dengan Kreatif Kids dan Katar unit 17 dengan program Ruang Pendidikan Anak (Rupa).

“Ini merupakan sebagai bentuk sinergitas kita sebagai karang taruna di Kelurahan Pancoranmas,” kata Ketua Katar sub unit 02/11, Wisnu kepada Radar Depok, Senin (7/3).

Wisnu menjelaskan, pihaknya menawarkan berbagai kegiatan menarik kepada anak 6-12 tahun dalam program kreatif kids seperti kegiatan pembinaan dan pelatihan kreatifitas anak.

“Program kita ada kegiatan pelatihan kreatifitas anak dan pembinaan, seperti latihan menari dan membaca puisi,” ungkapnya.

Sementara itu, dia menerangkan, Katar unit 17 Kelurahan Pancoranmas menawarkan program Ruang Pendidikan Anak (Rupa). Di dalamnya, ada latihan menggambar, mewarnai, pembelajaran secara daring dan games atau permainan.

“Kalo Katar unit 11, mereka punya program yang namannya Rupa. Jadi kita coba kolaborasikan dua program tersebut,” tutur Wisnu.

Menurut Wisnu, dengan diadakannya kolaborasi dua program itu dapat mengurangi penggunaan gadget pada anak. Yang dianggap dapat membawa dampak buruk bagi fisik maupun mental anak.

“Alhamdulilah, anak-anak cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Karena, kami mengemas dengan bermain sambil belajar untuk menarik minat anak,” tandasnya. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah