lap sirkuit mandalika
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Debut di MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang lintasan 4,31km dijadwalkan menggelar 27 lap balapan MotoGP.

Hal itu membuat Sirkuit Mandalika nanti satu level dengan sejumlah seri lain seperti MotoGP Prancis, Valencia, hingga San Marino.

Keempat balapan lain pada MotoGP 2022 yang menggelar 27 putaran adalah: MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, MotoGP San Marino di Misano, MotoGP Valencia di Ricardo Tormo, dan MotoGP Australia di Phillip Island.

MotoGP Prancis sendiri jadi seri ketujuh pada musim ini yang digelar 15 Mei 2022, MotoGP San Marino yang merupakan balapan ke-15 digelar pada 4 September atau putaran kedua.

Sedangkan MotoGP Australia dan MotoGP Valencia jadi bagian dari pengujung musim ini. Australia jadi seri ke-19 pada 16 Oktober sementara Valencia jadi seri penutup pada 6 November.

Baca juga : Porprov Jawa Barat : 24 Atlet Arung Jeram Depok Siap Bawa Tiga Emas

Meskipun mempunyai lap yang sama, namun panjang lintasan keempat sirkuit tersebut memiliki sedikit perbedaan dengan Mandalika.

Sirkuit Le Mans yang mempunyai 14 tikungan memiliki panjang 4,2km. San Marino dengan 16 tikungan juga lebih pendek ketimbang Mandalika, dengan 4,2km.

Sirkuit Phillip Island memiliki panjang sirkuit yang lebih baik daripada Mandalika, dengan 4,4km serta mempunyai 12 tikungan. Sementara itu, panjang Sirkuit Ricardo Tormo hanya 4km dengan 14 tikungan.

Di antara lima seri dengan jumlah lap yang sama-sama 27, MotoGP Mandalika adalah balapan dengan sirkuit yang lebih lebar dibanding empat seri lain.

Sirkuit Mandalika memiliki lebar lintasan 15 meter. Angka tersebut lebih besar ketimbang Phillip Island dan Le Mans yang 13 meter, sedangkan Ricardo Tormo dan Misano hanya 12 meter.

Akan tetapi, untuk urusan trek lurus tempat pembalap bisa memacu kecepatan maksimal motor, Sirkuit Mandalika masih kalah dibanding empat seri tersebut. Panjang trek lurus Mandalika hanya 507 meter, sedangkan Phillip Island 900 meter, Ricardo Tormo 876 meter, Le Mans 674 meter, dan Misano 530 meter. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya