karate
BERLATIH : Altit Karate Kota Depok dari tim Kata ketika berlatih dalam mempersiapkan diri meraih medali emas pada ajang Porprov tahun 2022. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun ini, Pengurus Cabang (Pengcab) Karate Kota Depok menargetkan dua medali emas, dua perak, dan dua perunggu.

Wakil Ketua Pangcab Karate Kota Depok, Jean E. Rotty mengatakan, target tesebut meliputi dua kategori yaitu jurus atau bunga karate (Kata) dan tanding atau sparing (Kumite).

Satu emas di Kata dan satu emas di kumite,” sebutnya kepada Radar Depok, Selasa (8/3).

Sejauh ini, terang dia, persiapan Pengcab Karate Kota Depok masih pada tahapan reguler saja yakni latihan biasa. “Masih latihan rutin biasa saja, Kata ada yang setiap hari ada yang pagi sore. Kumite seminggu 3 kali,” tutur Jean.

Jean mengungkapkan, kedua kategori tersebut meiliki tempat latihan yang berbeda. Menimbang, fasilitas yang dibutuhkan juga berbeda.

Beda tempat latihan, Kata di dojo palem, kumite di Balai Rakyat Depok Utara,” ucapnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua tim pelatih Karate Kota Depok itu membeberkan, karate merupakan olahraga tidak terukur. Yang berarti segala kemungkinan dapat terjadi. “Harus optimis, kita olahraga tidak terukur, jadi apapun bisa terjadi,” kata Jean.

Porprov sebelumnya, kata Jean, pihaknya hanya berhasil membawa pulang dua medali perak dari target dua medali emas.

Dulu target hanya di Kata, kalau sekarang ada Kumite,” terang dia.

Untuk itu, dirinya kini tengah mematangkan kembali mental dan fisik para atlit tersebut akan mampu merealisasikan target yang telah ditentukan. “Untuk Kata kita punya enam atlit dan di Kumite ada enam atlit juga,” tandasnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro