TURUN LANGSUNG : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (Kemeja Putih) mendampingi Wamentan Harvick Hasnul Qolbi ketika menyambangi Pasar Agung, Kelurahan Abadijaya, Sukamajaya demi memastikan harga bahan pokok dilapangan dalam situasi aman, belum lama ini. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Pemerintah kota (Pemkot) Depok sangat sayang dengan masyarakat. Jelang Ramadan 1443 Hijriah,  Perangkat Daerah (PD) diminta terus memantau pergerakan harga kebutuhan pokok, di pasar se-Kota Depok. Penegasan tersebut dilontarkan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono (IBH), agar masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang, tanpa terbebani naiknya harga pangan atau kelangkaan barang.

“Saya minta kepada perangkat daerah terkait, agar terus memantau atau mengontrol harga-harga kebutuhan pokok di pasar, ini demi tidak ada peningkatan inflasi,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Selasa (29/3).

Imam menjelaskan, Pemkot Depok juga akan melakukan upaya-upaya konkret. Bersama Satgas Pangan Kota Depok, pihaknya akan melaksanakan sidak pasar maupun monitoring ketersediaan barang. Dan keterjangkauan harga ke salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Depok.

IBH –sapaan Imam- mengajak masyarakat Kota Depok tidak melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok seperti minyak goreng. Dengan begitu, ketersediaan kebutuhan pokok tetap terjaga dan aman. “Kami berharap agar tidak ada warga yang nimbun barang, sehingga tidak ada kenaikan harga dan barang menjadi langka,” tegasnya

Sementara, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Sony Hendro mengatakan, memang berencana untuk melakukan inspeksi mendadak (Sidak) sebelum datangnya bulan Ramadan. “Belum dijadwalkan, tapi kemungkinan akan kami Sidak sebelum masuknya bulan Puasa,” kata Sony, Selasa (29/3).

Dia mengungkapkan, komoditi yang akan disidak adalah beras, cabai, gula pasir, daging sapi, daging ayam, telur, hingga kedelai. “Kami akan sidak ke Pasar Agung, Kemiri, dan Pasar Cisalak,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sidak ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar tradisional agar tidak ada kenaikan harga yang mencolok saat Ramadan nanti. “Kami terus berupaya menjaga stabilitas harga untuk warga Depok,” pungkasnya.(dra/rd)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar 

Editor : Fahmi Akbar