ILUSTRASI : Suasana jemaah Kota Depok saat berangkat Haji sebelum adanya pandemi Covid 19. Pemerintah memberlakukan larangan pada jemaah yang berusia 65 tahun untuk tidak diperkenankan menunaikan ibadah haji.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu untuk ibadah umrah. Namun, ada peraturan baru yang harus diterapkan, salah satunya bagi jemaah yang berusia 65 tahun ke atas dilarang menunaikan ibadah umrah dan haji.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) di Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Yuli Rahmawati membenarkan, bagi jemaah yang usia telah 65 tahun lebih tidak diizinkan untuk berangkat umrah dan haji. Di Kota Depok ada sekitar 320 orang.

“Di Depok ada banyak. Jemaah tahun 2020 ada 1.600 orang, perkiraan 20 persennya sudah berusia 65 tahun ke atas,” jelasnya saat dikonfirmasi Radar Depok, Senin (18/04).

Tapi ditekannya, juklak dan juknis secara detail terkait aturan tersebut belum diserahkan, misalnya perusia 65 tahun terhitung sejak tahun ini atau tahun sebelumnya saat jemaah mendaftarkan diri mereka.

“Aturan juknisnya belum ada. Jadi kami masih menunggu. Nanti kalau ada aturan detailnya, baru akan diketahui berapa jumlah jemaah yang usia 65 tahun ke atas,” tutup Yuli. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya