Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono sedang melihat dagangan peserta Bazzar di Sekolah Cakra Buana.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sekolah Cakra Buana kembali menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan Bulan Ramadan di tahun ini secara offline. Dari tanggal 13 – 23 April 2022 ada berbagai kompetisi untuk anak-anak dan juga berbagai aksi sosial.

“Di Bulan Ramadan tahun 2022 ini, Sekolah Cakra Buana mengambil tema Ramadan Gembira sebagai representasi proses belajar di Sekolah Cakra Buana yang selalu menyenangkan, begitu juga dalam suasana Ramadan ini,” Ujar Direktur Utama Yayasan Cakra Buana, Jimmy Silalahi. 

Jimmy menjelaskan, selama ini sekitar lebih dua tahun, protokol kesehatan diterapkan secara ketat di lingkungan Sekolah Cakra Buana, sesuai dengan arahan Pemerintah Kota dan aturan-aturan dari Dinas Pendidikan dengan level-level PPKM yang berlaku, dirasa cukup memungkinkan untuk di bulan Ramadan ini, dilakukan beberapa kegiatan bagi peserta didik dan masyarakat luas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan ini kembali menegaskan bahwa belajar itu bukan hal yang menakutkan dan membosankan bagi peserta didik di Sekolah Cakra Buana, bahwa melalui banyak cara dan aktivasi peserta didik bisa mengambil pelajaran dan hikmah. Salah satunya dari berbagai kegiatan kompetisi dan aksi sosial di kegiatan Festival Ramadan Gembira,” tambahnya.

Bunda Paud Kota Depok, Elly Farida sedang menyampaikan sambutan dalam acara Festival Ramadan Gembira yang diadakan Sekolah Cakra Buana.

Berbagai kegiatan Festivam Ramadan Gembira yang dilaksanakan Sekolah Cakra Buana diantaranya adalah santunan kepada beberapa panti asuhan yatim piatu di sekitar sekolah yang dikoordinatori siswa dari OSIS SMA Cakra Buana.

Dimulai dari tanggal 13 April 2022, perwakilan siswa Sekolah Cakra Buana menyambangi adik-adik di Panti Asuhan Darul Ilmi, memberikan bantuan berupa 6 unit kipas angin. Dilanjutkan pada tanggal 14 April 2022, perwakilan siswa Sekolah Cakra Buana mengunjungi Panti Asuhan Annur dengan membawa sembako diantaranya, beras, minyak goreng, aneka jajanan dan juga kebutuhan rumah tangga panti seperti, sabun mandi, sabun cuci piring dan banyak lagi.

Kemudian pada tanggal 22 April 2022 menjadi puncak dari aksi sosial peserta didik Sekolah Cakra Buana yang diadakan di Masjid Nurul Mustawa Sekolah Cakra Buana, dengan mengundang anak yatim piatu dari Yayasan Islam LaaTansa Al-Barkah. 

“Sebanyak 32 anak untuk diberikan santunan berupa uang tunai sekaligus berbuka puasa Bersama dengan kakak-kakak peserta didik SMA Cakra Buana,” katanya.

Selain kegiatan aksi sosial yang dilakukan oleh peserta didik, Sekolah Cakra Buana juga mengadakan berbagai kompetisi bagi peserta didik internal diantaranya, lomba mengumandangkan adzan dan Cerdas Cermat Alquran bagi kakak-kakak di SMA Cakra Buana. Dan juga ada kegiatan pendampingan Pendidikan Agama Islam yang dimulai dari tanggal 18 April- 22 April 2022 bagi adik-adik SD Cakra Buana untuk lebih menguatkan kembali tentang Pendidikan Iman dan taqwa bagi para peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan diantaranya, pembacaan Sari Tilawah, tausiah dari Dai Cilik, yang merupakan peserta didik dari SD Cakra Buana. Kemudian kegiatan pembelajaran dengan metode ‘Sambung Ayat Al-Quran’, dimana guru mengawali membacakan Ayat Al-Quran dan nantinya peserta didik diminta meneruskan pembacaannya.

“Semoga dari kegiatan ini siswa bisa makin banyak menghafal dan memahami ayat-ayat Alquran. Dan juga ada kegiatan storytelling tentang kisah- kisah Nabi yang dibawakan juga oleh salah satu peserta didik SD Cakra Buana,” tuturnya.

Puncak Festival Ramadan Gembira dilaksanakan pada tanggal 23 April 2022 di area Masjid Nurul Mustawa, Sekolah Cakra Buana. Kegiatan puncak ini dimeriahkan dengan berbagai kompetisi yang dibuka  untuk  umum  bagi  masyarakat  Kota  Depok.  Lomba-lomba  yang  diadakan  adalah  Lomba 

menghafal Surat Pendek Alquran, Lomba Peragaaan Busana Muslim dan Lomba Mewarnai yang diikuti oleh ratusan anak-anak kategori usia 4-12 tahun yang berasal dari berbagai sekolah negeri maupun swasta di Kota Depok dan sekitarnya. 

“Cakra Buana Playducation School merupakan sebuah komitmen, bahwa kami memastikan segala aktivitas belajar di Sekolah Cakra Buana adalah aktivitas yang menyenangkan, begitu juga dengan aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini,” ujar Jimmy.. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, H. Wijayanto, juga menekankan pentingnya mengembangkan kreatifitas anak-anak usia sekolah. Turut juga hadir Bunda PAUD Kota Depok, Bunda Elly Farida yang merupakan istri dari Walikota Depok. Bunda Elly juga membawakan dongeng mengenai kisah-kisah Nabi bagi para peserta lomba sekaligus membuka acara lomba-lomba tersebut.

Peserta lomba mewarnai di Festival Ramadan Gembira.

Saat perlombaan Festival Ramadan Gembira berlangsung, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono hadir. Imam berkeliling mengunjungi lokasi lomba yang berada di Pendopo Budaya, Area Masjid Nurul Mustawa dan Atrium SD Cakra Buana untuk menyapa dan memberi semangat para orang tua dan anak-anak yang sedang berkompetisi. Bahkan Wakil Walikota memborong berbagai dagangan para peserta Iftar Bazaar dari guru dan karyawan dari Sekolah Cakra Buana.

Imam  juga menyempatkan diri berkeliling seluruh area Sekolah Cakra Buana dan melihat berbagai fasilitas sekolah didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Cakra Buana RR. Hartatiati Syafira Indah Lestari. Dalam kunjungan tersebut Wakil Walikota Depok memberikan pujian terhadap konsep pembelajaran yang ada di Sekolah Cakra Buana.

“Setelah berkeliling di sekolah ini, kegiatannya memang sangat menginspirasi dan explore potensi anak-anak yang bisa digali sehingga ke depannya bisa menjadi orang yang sukses dan bahagia dunia akhirat. Sekolah ini mengedepankan cara agar murid tidak takut belajar, sebab belajar merupakan sesuatu yang menyenangkan. Sambungnya, dengan menggabungkan antara belajar dan bermain akan menyenangkan bagi murid,” ujar Imam.

Kegiatan Festival Ramadan Gembira ditutup dengan kegiatan parenting bagi para orang tua dengan narasumber dokter spesialis anak dari RSU Bunda Aliyah Depok, Student Performance dari SD Cakra Buana dan Pembagian Hadiah bagi para pemenang lomba. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya