Ketua Fraksi PAN DPRD Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad. Istimewa

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua Fraksi PAN DPRD Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad mendukung kebijakan pemerintah bahwa mereka yang akan mudik lebaran 2022 harus mengikuti vaksin booster. Termasuk kebijakan terbaru untuk pemudik yang menggunakan pesawat terbang, dimana jika belum booster maka harus menunjukkan hasil pemeriksaan rapid test.

“Kebijakan ini juga harus mengedepankan keselamatan seluruh rakyat Indonesia. Jadi, harus taat pada regulasi yang dibuat, seperti mengikuti vaksin booster dan yang belum harus menunjukan hasil pemeriksaan rapid test,” kata Hasbullah kepada Radar Depok, Senin (4/4).

Menurut Bang Has -sapaan karibnya-, negara mempunyai tugas untuk melindungi keselamatan seluruh rakyat Indonesia selama masa Covid-19. Saat ini, ketika memasuki tahap vaksin booster, maka sepatutnya seluruh rakyat Indonesia juga mengikuti penggunaan vaksin booster.

“Sebab saat ini sudah ada banyak pilihan vaksin dan gerai-gerai vaksinasi,” tutur Bang Has.

Terkait permintaan vaksin halal yang mengemuka belakangan ini, wakil rakyat dari Dapil Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini menilai, pemerintah sudah harus mendengarkan permintaan dari masyarakat.

“Permintaan umat Islam itu adalah hal yang sangat wajar. Bahkan, sepatutnya pemerintah mengupayakan penggunaan vaksin halal. Namun harus disesuaikan dengan jumlah atau kapasitas vaksin yang ada,” ujarnya.

Namun, Bang Has yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar ini terus menekankan agar masyarakat tetap taat terhadap protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, baik menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi.

“Juga harus mau divaksin. Sebab, vaksinasi adalah sebuah keniscayaan agar kita dapat mewujudkan herd immunity dan menjalankan kehidupan di era new normal,” pungkas Bang Has. (cky)

Editor : Ricky Julinsyah