Ketua KPU RI Periode 2022-2027, Hasyim Asy’ari. Dok. Jawa Pos

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari terpilih sebagai Ketua KPU periode masa jabatan 2022-2027. Hal ini setelah dilakukan rapat pleno antara anggota KPU yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

“Pertama tentu saja bismillah karena segala langkah kita mulai dengan bismillahirrahmanirrahim,” kata Hasyim saat menyampaikan sambutan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/04).

Hasyim menyampaikan akan melanjutkan program KPU RI periode 2017-2022 yang dinilai baik. Bahkan dia memastikan, KPU periode kepemimpinannya akan berintegritas dalam rangka menyelenggarakan Pemilu.

“Jadi apa yang baik-baik terdahulu diwarisi kita lanjutkan kita perbaiki. Tapi yakin kita adopsi yang baik-baik kemudian kita kembangkan untuk kepemiluan, memperbaiki mekanisme baik integritas proses maupun integritas hasil,” ucap Hasyim.

Oleh karena itu, Hasyim mengharapkan kerja sama dari berbagai stake holder dalam rangka penyelenggaraan Pemilu. “Kita tidak bisa bekerja sendirian, tentu saja bukan hanya KPU, kesekjenan sampai kepada KPPS. Pemilu pada dasarnya untuk kita dan dari kita semua yang menyelenggarakan,” tegas Hasyim.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut digelar pukul 13.35 WIB.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33/P Tahun 2022, tentang peemberhentian dan pengangkatan anggota Komisi Pemilihan Umum.

Adapun tujuh anggota KPU yang dilantik adalah, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. (jwp)

Editor : Ricky Juliansyah