RADARDEPOK.COM –  Kota Depok semakin dewasa setelah memasuki usia ke-23. Dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-23 Kota Depok ini, Pemerintah Kota Depok mengusung tema Maju Bersama. Makna tersebut diibaratkan obsesi seluruh warga Depok demi kemajuan kota.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, maju tentunya obsesi semua dan itu juga tercantum dalam visi Kota Depok. Dan kemajuan juga dirasakan dari periode ke periode, tahun ke tahun. Depok juga punya misi pembangunan yang dilakukan secara partisipatif dan juga kebermasaan mewujudkan warga berbudaya berbasis kebhinekaan. “Nah dari istulah muncul ide tema Maju Bersama,” kata Idris usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Depok, Selasa (26/4).

Kepada Harian Radar Depok, walikota mengungkapkan, jika dilihat dari tahun ketahun masih ada berbagai kekurangan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya hilangnya sikap gotong di masyarakat. Maka dari itu Pemerintah Kota Depok berambisi untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong kepada masyarakat khususnya kepada anak – anak dan pemuda yang ada di wilayah.

“Memang kalau masyarakat wilayah dalam gotong royong masih mengandalkan selogan lo lagi lo lagi. Maka dari itu gotong royong harus kita  dorong agar berjalan secara menyeluruh,” tuturnya.

Di usia ke 23 ini, Pemerintah Kota Depok juga akan mengejar pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik yang harus diwujudkan. Akan tetapi ucap Idris, pihaknya dituntut Pusat untuk mengikuti standar ukuran kota metropolitan, misalanya dari sisi pertanian skala RT/RW harus masuk. “Kita masuk  23 hektar harus dimiliki publik. Sementara pertanian sekarang masih milik privat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, konteks Maju Bersama dalam hal menghadapi pandemi, mereka akan mengajak seluruh pihak untuk bersama–sama berjuang untuk menghadapi pandemi ini. Depok akan menghadapi berbagai hal yang terkait dengan dampak pandemi ini.  Dampak ekonomi, kesehatan, akselerasi pembangunan.

“Memang agak sedikit terhambat, ini yang terus kita pacu untuk maju tidak hanya pemerintah, pemerintah harus bergndengan tangan dewan, stakeholder, termasuk masyarakat. Insya Allah dengan tekad maju bersama ini kita bisa melakukan perubahan yang signifikan terhadap pandemi ini,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, HUT ke-23 Kota Depok ini banyak sekali prestasi yang sudah diraih Kota Depok dan warga Depok. “Banyak macam prestasi yang kita raih. Kami mengartikan ini adalah usia yang kita berhasil membuktikan diri untuk membanggakan warga Depok,” ucapnya.

Dia berharap, di usia 23 tahun ini seluruh stakeholder dan masyarakat di Kota Depok semakin solid tingkat patisipatifnya. “Pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, dan stakeholder lainnya harus semakin kompak selalu,” tuturnya.

Ke depan, dia berharap Depok  bisa menjadi Kota Hijau dan Sehat. Sebab, dengan menjadi kota hijau dan sehat akan banyak program–program pemerintah yang akan semakin meningkat dalam hal pelayanan masyarakat. “Semoga kedepan kita semakin maju dan segera bebas dari pandemi,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Depok, TM Yusufsyah Putra memberikan selamat Hari Jadi Kota Depok ke-23. Menurutnya, dengan tema Maju Bersama, dimaknai sebagai ikatan kebhinekaan untuk maju beriringan.  “Mari kita maju bersama untuk mewujudkan Kota Depok yang maju berbudaya dan sejahtera,” tuturnya, Selasa (26/4).

Putra juga menyampaikan kebanggaannya atas perkembangan Kota Depok yang terus menorehkan banyak prestasi, baik dari pusat maupun provinsi. Diharapkan ke depannya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan demi kemajuan pembangunan daerah. “Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan warganya yang banyak mendapatkan prestasi. Semoga dengan peringatan hari jadi ini dapat meningkatkan semangat baru untuk terus mewujudkan Kota Depok yang lebih baik,” tambahnya.

Terpisah, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Assalamualaikum warohmatulahi wabarokat,  menghaturkan selamat hari jadi untuk Kota Depok yang ke-23 dengan semangat maju bersama. Mari mewujudkan pembangunan Kota Depok yang ramah adil aman dan nyaman bagi seluruh warganya. “Semoga Kota Depok semakin maju  berbudaya dan juga sejahtera. Pemerintah provinsi Jawa Barat akan selalu bersinergi dan mendukung pembangunan Depok menjadi yang terdepan di Jawa Barat matur nuhun,” ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut, Assalamualikum warohmatullahi wabarokatu, izinkan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat hari jadi ke-23 untuk Kota Depok, semoga pada usia ini pemerintah Kota Depok makin maju, makin berkembang, warganya bahagia. “Sekali lagi selamat hari jadi untuk Kota Depok Salam hangat dari Kota Jakarta,” ucapnya.

Kepala Imigrasi Kelas I Non TPI Kota Depok, Fahrul Novry Azman menucapkan selamat ulang tahun ke-23 untuk Kota Depok. Pimpinan tertinggi kantor Keimigrasian di Kota Depok ini berharap, di usianya yang sudah memasuki fase dewasa ini sinergitas antar lembaga vertikal di Depok bisa terjalin, demi kemajuan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur di Kota Depok. “Selamat Ulang Tahun untuk Kota Depok, Maju Bersama membangun Kota Depok, dan ayo kita bangkit  bersama melawan pandemi Covid-19,” pungkasnya. (dra/rd)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar 

Editor : Fahmi Akbar