ridwan kamil
SIMBOLIS : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Depok, Mohammad Idris secara simbolis memulai pembangunan Islamic Center Al-Ihsan di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seusai melakukan kunjungan ke SMAN 4 di Kecamatan Tapos dan peresmian Pasar Sawangan, Jumat (8/4). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyempatkan diri untuk terawih bersama dan meletakan batu pertama, pembangunan Islamic Center dibawah nauangan Yayasan Al Islam.

Kang Emil-sapaan akrabnya-memberikan bantuan sebesar Rp50 Juta untuk pembangunan Islamic Center. Nantinya, akan ada pondok pesantren diatas lahan wakaf tersebut.

“Tadi sedikit bantuan rasa sayang saya ke DKM Al-Ihsan sebesar Rp50 juta,” kata Emil saat memberikan sambutan dalam teraweh bersama di Masjid Al-Ihsan, Jumat (8/4).

Selanjutnya, Emil menyebutkan, bantuan tersebut hanyalah stimulan agar pembangunan islamic center tersebut dapat segera terealisasi untuk kepentingan masyarakat Kota Depok. Terkhusus, warga di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk dakwah dan untuk apapun yang bermanfaat untuk kemakmuran Masjid Al Ihsan,” lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris menuturkan, bantuan yang diberikan tersebut akan digunakan oleh Yayasan Al-Ihsan untuk kegiatan sehari-hari. “Peletakan batu pertama itu rencananya pembangunan pesantren tauhfid dan penunjang-penunjang lainnya seperti Masjid,” ujarnya.

Sebetulnya, tutur Idris, Gubernur Jawa Barat itu ingin bermalam bersama warga Kota Depok dilanjutkan dengan agenda sholat subuh bersama di Masijd Al Muhajirin, Jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

“Sedianya beliau ingin bermalam disini bersama dengan warga dan besoknya sholat subuh do Masjid Al-Muhajirin, Depok Jaya,” ucapnya.

Lebih dalam, terang dia, kunjungan Ridwan Kamil kali ini merupakan agenda Safari Ramadan. Sebelumnya, dia telah meresmikan Pasar Sawangan yang juga mendapatkan bantuan dari orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat.

“Ini rangkaian kegiatan kunjungan beliau ke Kota Depok, pertama beliau peresmian pasar, memang ini punya kota yang mendapatkan bantuan dari Gubernur,” jelas Idris.

Namun, kata Idris, pembangunan Pasar Sawangan berbeda dengan pembangunan Underpass Dewi Sartika yang lahannya adalah milik Pemerintah Provonsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Dewi Sartika ini memang lahan jalannya milik provinsi yang bangun juga provinsi kontraktornya juga darisana, Kota hanya melakukan pembebasan lahan untuk mendampingi jalan tersebut saja,” paparnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro