KOMPAK : Kader PKK Kelurahan Bojongsari sedang berfoto bersama di Kantor Kelurahan Bojongsari, Rabu (20/04).NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

Persoalan stunting masih menjadi cambuk tersendiri bagi para pemimpin daerah yang bertanggung jawab atas permasalahan warganya. Tidak terkecuali pemimpin daerah Kelurahan Bojongsari, Yaya Sudira yang terus berusaha untuk menangani kasus stunting.

Laporan : Nurhidayati Fauna

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Mengingat besarnya jumlah anak Stunting di kelurahan Bojongsari, lurah Bojongsari Yaya Sudira kembali menggeber Ojek Cantik Bawa Nasi Untuk Anak Stunting atau bisa dikenal dengan Ocan Bananas.

“Hal ini dilakukan dengan harapan semakin menurunnya jumlah anak-anak Stunting yang berada di kelurahan Bojongsari,” ujar Yaya.

Menurut Yaya, sebelumnya, pihaknya sudah bermusyawarah bersama dengan para Kasi, TP PKK, Ketua LPM, Ketua Paguyuban, Karang Taruna dan Pokja Sehat. Banyak hal yang dirinya bahas untuk menangani Stunting.

“Kedepannya semua program yang ada di kelurahan kami liat programnya, kira kira bagaimana cara untuk menyentuh masyarakat,” ucap Yaya.

Sumber pada kegiatan yang ada nantinya akan dilaksanakan untuk menyentuh masyarakat sebagai upaya pencegahan kepada anak-anak atau balita yang kurang gizi. “Selain itu kami akan adakan pengumpulan donasi untuk kegiatan Ocan Bananas,” ujar Yaya.

Hal ini adalah bagian mengurangi dengan semaksimal mungkin angka anak stunting yang ada di kelurahan Bojongsari. Yaya juga akan memaksimalkan stekholder yang ada, seperti Puskesmas, untuk konsultasi dan kordinasi terus terkait hal tersebut.

Selain itu Yaya berkoordinasi dengan LPM, Paguyuban, RT dan RW, agar dapat menggandeng para pengusaha yang ada di sekitar untuk ambil bagian dalam menangani stunting ini.

Sementara, Pokja satu TP PKK Kelurahan Bojongsari Umi Rohayati menambahkan, Target tiga bulan kedepan sudah ada progres signifikan untuk kenaikan tinggi badan.

“44 anak stunting sebelumnya, baru satu orang yang meningkat tinggi badannya,” ujar Rohayati.

Yaya dan Rohayati berharap dengan program ini, anak-anak stanting yang ada di Kelurahan Bojongsari semakin berkurang dan akhirnya Kelurahan Bojongsari bebas dari stunting. (*)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah