sulaiman amalkan hartanya
Sulaiman Al Rajhi.

RADARDEPOK.COM – Sulaiman Al Rajhi yang memiliki nama asli Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi adalah pengusaha dan miliader asal Arab Saudi. Dilansir dari rf.org.sa, Pria kelahiran 30 November 1928 tersebut, dibesarkan dalam keluarga miskin dan dalam kondisi kehidupan yang sulit. Hal ini membuatnya semangat mencari nafkah dan bekerja di berbagai profesi.

Sulaiman dikenal sebagai miliarder Arab Saudi, pengusaha yang dermawan dan banyak membantu orang. Awalnya Sulaiman membantu orang melalui badan amal. Setelah itu pada tahun 1983 berkonsultasi dengan para pakar dan ulama, Sulaiman memutuskan untuk membangun lembaga swasta yang khusus melakukan kegiatan amalnya.

Tiap tahunnya yayasan ini mendukung sekitar 1.200 proyek aman di 13 wilayah, termasuk lebih dari 130 kota besar dan kecil di seluruh kerajaan Arab Saudi. Proyek dipilih berdasarkan kebutuhan masyarakat Saudi.

Dikutip dari forbes.com, selain itu ia juga mendirikan Al-Rajhi Bank, bank Islam terbesar di dunia dan salah satu perusahaan terbesar di Arab Saudi. Pada 2011 disusul kabar, ia menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal untuk mendanai upaya anti kelaparan dan pendidikan di negaranya.

Dana juga mengalir dari perusahaan kertas dan plastiknya, serta saham di perusahaan investasi keluarga yang mempunyai proyek pertanian di Afrika dan Eropa Timur. Ia juga memiliki aset lain senilai lebih dari 1 miliar USD, termasuk Al Watania Poultry, salah satu peternakan unggas terbesar di Kawasan Teluk.

Dilansir dari arabnews.com, pada 2011 Forbes memperkirakan kekayaannya sebanyak 7,7 miliar USD setara Rp110,11 triliun (kurs Rp14.300), menjadikannya orang terkaya ke-120 di dunia.

Al-Rajhi adalah seorang miliarder yang atas keinginannya sendiri memilih untuk menjadi orang miskin tanpa memiliki uang tunai, real estate atau saham yang dia miliki sebelumnya. Dia membagikan sebagian asetnya kepada anak-anaknya dan sebagian sebagian besar diwakafkan.

Karena peran besarnya dalam mendirikan bank Islam terbesar di dunia serta kontribusinya untuk manusia dalam memerangi kemiskinan, Sulaiman diberikan penghargaan internasional Raja Faisal atas pelayanannya kepada Islam.

Ketika ditanya alasannya melakukan itu, Sulaiman menjawab karena semua hartanya hanya titipan Allah semata. Alasan lainnya yang penting baginya yaitu menumbuhkan persaudaraan dan cinta di antara anak-anaknya.

Yayasan amal Sulaiman Al Rajhi sekarang diakui sebagai salah satu lembaga panyalur amal terpenting di kerajaan Arab Saudi. Fokusnya berupaya mendukung organisasi nirlaba legal yang dirancang untuk membantu sektor pendidikan, kesehatan, sosial, dan keagamaan.

Kekayaan yang ia miliki diserahkan untuk berbagai kegiatan amal. Sulaiman Al Rajhi menyerahkan dua hotel miliknya di Mekah untuk fasilitas penanganan Covid-19. Ia pun menyumbangkan saham bank, peternakan unggas, perkebunan kurma serta membangun universitas gratis kepada kaum dhuafa yang fokus pada kesehatan dan keuangan Syariah. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya