atlet pencak silat depok
Atlet pencak silat putri Kota Depok, Mutia Hartati.
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mutia Hartati, dia adalah salah satu atlet pencak silat asal Kota Depok. Kiprahnya dalam olahraga beladiri tersebut, cukup membanggakan, yakni berhasil meraih medali perak dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018 silam.

Mutia mengatakan, awal mulanya dia sudah berminat dalam dunia silat sejak duduk dibangku SMK PGRI 23 Jakarta Selatan. Tidak hanya pencak silat, tetapi Mutia juga kerap berlatih bela diri lainnya, yakni tarung derajat dengan pamannya.

“Sebelum mengenal pencak silat, saya pernah berlatih tarung Derajat dengan paman saya saat di sekolah dasar,” kata dia kepada Radar Depok, Selasa (12/04).

Lalu, ungkap dia, dirinya tertarik dengan silat karena, gerakannya yang menarik. Lebih dari itu, Mutia merasa kagum dengan budaya asli Indonesia tersebut.

Baca Juga  Buka Kursus Wasit, Yana: Wasit Penentu Fair Play

“Apalagi silat merupakan budaya asli bangsa Indonesia, jadi saya merasa ingin ikut andil untuk melestarikan budaya bangsa,” tegas Mutia.

Prestasi yang berhasil diraih Mutia adalah menyumbangkan medali perak dalam perhelatan Porprov Jabar Tahun 2018. Kendati demikian, dia menjadi satu-satunya atlet pencak silat putri asal Kota Depok yang berhasil tampil di final ajang bergengsi tersebut.

“Saya memang belum banyak untuk Kota Depok, ditahun 2018 saya berhasil masuk ke final porda Jabar yang kalo saya gak salah dengar saya perempuan pertama Depok yang bisa masuk ke final di Cabor pencak silat dan mendapatkan medali perak kala itu,” jelas dia.

Karena itu, Mutia berpesan, supaya kaum muda di Kota Depok tidak mudah menyerah atas jalan yang telah dipilih. Sebab dia meyakini, optimisme akan membawa pada pengaruh baik didalam hidup.

Baca Juga  Pembalap Yamaha, Galang Hendra Pratama Kejar Target 10 Besar

“Dan harapan saya untuk KONI Depok beserta jajaran pengurus IPSI Kota Depok, dapat mensejahterakan dan membina atlet nya dengan lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Sayangnya, kata Mutia, dia tidak ikut membela nama Kota Depok dalam ajang Porprov tahun ini. Sebab, dia akan berlaga dalam Porprov DKI Jakarta.

“Untuk tahun ini, saya akan berpartisipasi di kejuaraan Porprov DKI untuk membawa nama Kota Jakarta Selatan (Jaksel), dan persiapannya saya latihan rutin dengan team IPSI Jaksel serta latihan mandiri untuk persiapan kejuaraan nanti,” tandasnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya