GO GREEN : Pemuda Syubbanul Mujahidin sedang menanam pohon pelindung di RW 05, Kelurahan Bojongsari, Minggu (3/4). NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Pemuda Syubbanul Mujahidin RW. 05, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari kembali terjun untuk pendataan juga perawatan pohon yang telah mereka lakukan selama empat tahun terakhir.

“Empat tahun kami lalu ditanami pohon dipinggir jalan menuju makam, karena sepanjang jalur tersebut bisa dibilang mulai jarang pepohonan,” ujar Anggota Pemuda Syubbanul Mujahidin, Sulaeman, kepada Radar Depok, Minggu (3/4).

Pembangun proyek perumahan membuat puluhan pohon ditebang sehingga semakin jauh dari kata sejuk. Hal ini membuat Sulaeman dan yang lainnya berinisiatif untuk mengurangi pemanasan global meski dalam rentan waktu yang cukup lama.

“Hari ini saya dan teman lainnya memantau perkembangan pohon yang dari empat tahun lalu kami tanam,” ujar Sulaeman.

Selain memantau pohon, Sulaeman juga menambah beberapa bibit baru di tepi lapangan. “Meskipun jumlah pohon tidak terlalu banyak tapi selama perkembangan pohon tetap diperhatikan itu lebih baik,” ucap Sulaeman.

Pohon yang ditanam pun berupa pohon rimbun dan pohon pelindung, untuk menambah suasana sejuk yang kian hari makin hilang diterpa abu dan polusi. “Ini hanya usaha kami untuk menjaga kawasan kami tetap asri, walau zaman makin hari makin berubah,” imbuh Sulaeman.

Sulaeman mengaku tujuan dari kegiatan ini hanyalah untuk mengajak masyarakat sekitar agar lebih peduli dengan kondisi lingkungan yang mereka tinggali. “Kemudian mulai beraksi untuk penghijauan yang mulai krisis,” tutupnya. (ati)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah