MULIA : Ambulans yang digunakan Aspera Kota Depok untuk mengantarkan Julfitri ke Pekanbaru, Riau. Istimewa

Aktivis Peduli Rakyat (Aspera) Indonesia melalui (Aspera) Kota Depok kembali mengantarkan pria paruh baya seorang diri tanpa sanak saudara dalam kondisi sakit parah saat dievakuasi oleh ambulans Aspera kota Depok,mengaku bernama julfitri (50) berasal dari Pekanbaru, Riau.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Informasi berawal dari ketua LSM PRABU Kota Depok, Abdullah yang menghubungi Hotline Aspera Indonesia 081776993692 pada Minggu (20/03) bahwa ada warga yang sakit parah tanpa ada keluarga.

Laporan ini langsung ditanggapi serius Aspera kota Depok. Tanpa menunggu lama, dengan menggunakan ambulans legiun3 menjemput dan langsung dilarikan ke RSUD Sawangan Kota Depok.

Pria paruh baya tersebut mengalami sakit komplikasi dan langsung ditangani secara insentif pihak RSUD sawangan Depok, dibantu Specialist ODGJ &tunawisma dari Dinas Sosial Kota Depok, Dennys, terkait pembiyaan pengobatan melalui program Bansos khusus Orang terlantar dari Dinsos Kota Depok.

Aspera kota Depok, mencari keterangan keterangan asal usul Julfitri, baik langsung ke yang bersangkutan maupun di lingkungan ketika pertama kali dievakuasi, dan membuahkan hasil ikhawal asal usul bapak tersebut.

Diketahui bapak Julfitri memiliki istri, namun sudah meninggal dunia dan bapak itu hidup sendiri di kota Depok hingga sakit parah. Belakangan, Aspera Kota Depok mendapatkan informasi bahwa Julfitri memiliki adik di Pekanbaru,Riau.

“Alhamdulillah, adik dari pak julfitri mau menerima dan mengurusi juga siap untuk dipulangkan ke Pekanbaru, ” ujar Ketua Umum Aspera Indonesia, Arif Afifullah.

Setelah mendapatkan penanganan instensif selama 2 Minggu di RSUD Sawangan Depok, Julfitri pun diperbolehkan untuk pulang dari Rumah sakit.

Sebelum berangkat ke Pekanbaru mengantarkan Julfitri, Wakil Walikota Depok, H. Imam Budi Hartono pun memberikan wejangan kepada Aspera Kota Depok.

“Hati-hati dalam perjalanan,apa yang di lakukan anak anak muda aspera kota Depok positif,” ujar Imam Budi Hartono yang akrab disapa IBH ini.

Jumat 1 April 2022 dengan menggunakan ambulans Legiun2, Aspera Kota Depok menjemput Julfitri dari RSUD Sawangan Depok untuk diantarkan langsung ke adik kandungnya di Jalan UKA Garuda Sakti Pekanbaru, Riau.

“Saya sampaikan terima kasih pihak RSUD Sawangan yang selalu hadir untuk masyarakat kota Depok mau luar Depok dalam hal kesehatan, juga Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Pemkot Depok yang, mengurusi, membiayai orang terlantar tersebut. Sehingga kondisi warga asal Pekanbaru tersebut membaik dan kami pulangkan ke sanak familinya agar dapat menikmati sisa sisa hidup berkumpul bersama saudara kandung,” ujar Arif afifullah.

Dalam perjalanan dari Depok menuju Pekanbaru Riau mengalami beberapa kendala, salah satunya ban pecah tepat di pintu keluar Tol Kramasan Palembang, kemudian Aspera pun dibantu Satlantas Polda Sumsel, ambulans Aspera kota Depok kembali melanjutkan perjalanan.

Sabtu (2/4) dini hari, Aspera pun tiba di Jambi, mereka dibantu kawan-kawan dari Puma Jambi untuk mengganti ban yang pecah.

“Sangat riskan dalam perjalanan malam apalagi masih panjang, sesama driver ambulans walaupun beda komunitas, kami tidak bisa melepas dalam kondisi ban serep pecah” ujar Rafles dari Puma Jambi.

Setiba di Pekanbaru, Ambulans legiun2 beserta kru diterima Ketua Umum Persaudaraan Pengemudi Ambulans Indonesia (PPAI), Zulhardi dan ketua PPAI peduli Sutarno yang menemani langsung ke rumah adiknya dari Julfitri.

“Kegiatan positif apalagi di awal bulan suci Ramadan, apa yang dilakukan teman-teman PPAI Jawa Barat dan Aspera kota Depok tentunya luar biasa,” ujar Zulhardi.

Sementara itu,Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan Aspera Kota Depok.

“Tentunya aktifitas ini baik dan dapat untuk di iru,” ujarnya saat dihubungi via WhatsApp.

Ambulans Aspera Kota Depok berangkat ke Pekanbaru dipimpin langsung Ketua Umum Aspera Indonesia, Arif afifullah, Ketua DPW PPAI Jawa Barat dan Aspera Sukabumi Abah syuhandi, driver adil dan Wira Bayu.

Perlu diketahui, kegiatan Aspera Kota Depok bukan kali ini saja dalam mengantarkan tuna wisma ataupun orang terlantar. Sebelumnya, Aspera Kota Depok mengantarkan tunawisma ke Rantau Prapat Labuan Batu, Padang Sidempuan Sumatera Utara, kemudian ke Subang, Pasuruan,Ngawi dan daerah lainnya dengan pembiayaan sendiri.

Selanjutnya mengirimkan bantuan kemanusiaan ke korban yang terdampak bencana alam,melayani antar pasien/jenazah antar kota antar pulau. (*)

Editor : Ricky Juliansyah