Ilustrasi PKB yang menduduki posisi tiga besar elektabilitas Parpol versi Charta Politika Indonesia. Dok. Jawa Pos

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Lembaga survei Charta Politika Indonesia kembali merilis hasil survei terkait kepuasan responden terhadap elektabilitas partai politik (Parpol). Hasilnya, PDI Perjuangan masih kokoh di puncak, kemudian Gerindra membuntuti di posisi kedua dan PKB urutan ketiga.

Terkait survei tersebut, Charta Politika Indonesia menggelar pertanyaan tertutup, yakni seandainya Pemilu legislatif untuk memilih Anggota DPR RI dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik di bawah ini, partai apa yang ibu atau bapak pilih.

Hasilnya, PDI Perjuangan mendapatkan 24,7 persen. Kemudian, di posisi kedua partai besutan Prabowo Subianto dengan 11,9 persen. Sementara partai yang dinahkodai Muhaimin Iskandar bertengger di posisi ketiga dengan persentase 9,8 persen.

Sedangkan, Partai berlambang pohon beringin alias Golkar di posisi empat dengan 9,2 persen dan PKS di urutan kelima dengan tingkat elektabilitas 7,7 persen.
Hasilnya, PDIP mendapat 24,7%. Di posisi kedua ada Gerindra 11,9%, kemudian disusul PKB 9,8%. Sementara itu, Golkar berada di posisi keempat dengan 9,2% dan PKS 7,7%.

Direktur Eksekutif Charta Politik Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan, secara umum pilihan publik terhadap partai politik secara berurutan, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, PKB dan Golkar sebagai empat partai politik dengan pilihan tertinggi.

“Sementara PKS dan Demokrat berada diurutan berikutnya, relatif berimbang,” kata Yunarto dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (25/04).

Survei yang gelar pada 10-17 April 2022 ini tersebar di 122 desa/kelurahan di Indonesia, dengan total 1.220 responden melalui teknik pengambilan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling.

Adapun margin of error survei ini sekitar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan atau level of confidence 95 persen. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah