ILustrasi Pilpres

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis survei calon presiden (capres) 2024. Dari simulasi 7 nama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama dengan perolehan suara 27,6 persen.

“Ganjar Pranowo yang mendapat perolehan 27,6 persen, sukses menyalip saingan terdekatnya Prabowo Subianto dengan 27,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi kepada wartawan, Minggu (3/4).

Sedangkan diposisi ketiga ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan suara 22 persen. Anies konsisten berada dibawah Ganjar dan Prabowo di posisi ketiga.

Sementara di posisi keempat ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 6,7 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 2,4 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 1,8 persen, dan Airlangga Hartarto 0,9 persen.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan, dalam simulasi 3 pasangan, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki perolehan tertinggi dengan suara 32,2 persen, disusul pasangan Prabowo-Puan 28,7 persen dan Anies-AHY 27,4 persen.

Mengerucut, pada simulasi 2 pasangan, Burhanuddin membeberkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir masih memperoleh hasil tertinggi dengan 41,8 persen, disusul Prabowo-Puan di angka 39,0 persen.

“Dari simulasi 3 pasangan dan 2 pasangan, pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir memperoleh hasil yang tinggi,” ungkap Burhanuddin.

“Pasangan saingan terdekatnya yaitu Prabowo-Puan berada di bawahnya Ganjar-Erick. Agak tipis perbedaannya. Sepertinya karena Ganjar dan Erick sering tampil di publik ya, jadi lebih dikenal,” tambahnya.

Sebagai informasi, survei Indikator digelar pada 11-21 Februari 2022. Total responden survei tersebut berjumlah 1.200 orang dari seluruh provinsi di Indonesia secara proporsional.

Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (jwp)

Editor : Ricky Juliansyah