Ketua MUI Kecamatan Cipayung, H Syamwari

RADARDEPOK.COM – Nabi Muhammad SAW. bersabda ; Puasa itu separuh kesabaran (HR. Tirmidzi). Dengan puasa kita dididik untuk bersabar seperti menahan lapar dan haus. Ada makanan tidak dimakan, ada minuman tidak diminum, padahal itu milik sendiri.

Kita disuruh menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya. Demikian pula kita diperintahkan untuk menahan diri dari mengumpat, dari marah ada yg harus kita marahi. Menahan diri inilah yang merupakan bagian dari pendidikan kesabaran yang Allah SWT. Canangkan melalui puasa dan Allah SWT telah menyediakan banyak sekali keutamaan untuk orang-orang yang sabar.

Diantaranya adalah orang yg sabar dicintai Allah SWT. Seorang harus sabar menjalankan perintah Allah SWT, meskipun perintah itu berat dan dibenci oleh nafsunya.Kesabaran juga harus diimplementasikan dalam meninggalkan kemaksiatan dan larangan-larangan Allah SWT.

Semoga di bulan suci ramadan tahun ini kita mampu melatih kesabaran kita dan Allah SWT, menganugerahkan keutamaan sabar dan ganjaran pahalanya. Aamiin. (*)