makan mi terbanyak
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Makanan praktis yang cukup banyak digemari berbagai kalangan biasanya adalah mi instan. Selain mudah dimasak, rasanya nikmat dan harganya terjangkau.

Berdaarkan data dari World Instant Noodles Association (WINA) yang mencatat daftar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, per 11 Mei 2021 China dan Hong Kong berada di urutan pertama sebagai negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, Lantas ada di peringkat keberapakah Indonesia?.

Berikut tujuh negara pemakan mi instan terbanyak di dunia.

7. Filipina

Di urutan ketujuh, terdapat Filipina yang tercatat telah menghabiskan 4.470 juta porsi mi instan berdasarkan data WINA 2021. Jumlah ini naik dari data tahun 2019 yang berada di angka 3.850 juga porsi.

Layaknya Indonesia dan negara di Asia, Filipina juga menjadikan mi instan sebagai menu sehari-hari. Varian yang dijual juga hampir mirip dengan mi instan di Indonesia, seperti, mi goreng dan mi kuah.

Warga Filipina biasanya menambahkan beberapa campuran sayur-sayuran segar dan isian lain saat memasak mi instan sehingga kaya cita rasa.

6. Amerika

Tak hanya populer di Asia, mi instan juga populer di Amerika. Tercatat, setidaknya ada 5.050 juta porsi yang dikonsumsi masyarakat AS dalam data WINA per 2021.

Mereka mengenal beberapa produk mi instan dari Indonesia, misalnya Indomie dan Mie Sedaap yang tersedia di berbagai supermarket. Tak hanya itu, sejumlah restoran Indonesia di Amerika yang menjual olahan mi instan.

Salah satunya Warkop (Warung Kopi) milik Omar Karim yang diklaim sebagai warkop pertama di New York, AS. Warkop ini menawarkan berbagai menu, mulai dari Indomie, Milo, Nutrisari, kopi susu aren, hingga gorengan.

5. Jepang

Jepang menjadi negara pengonsumsi mi instan terbanyak kelima di dunia dengan 5.970 juta porsi. Jumlah ini naik dari data sebelumnya yang berjumlah 5.630 juta (2019).

Masyarakat negeri Sakura ini dikenal dengan budaya serba cepat maka tak mengherankan jika mereka kerap mengonsumsi mi instan yang bisa dibeli di setiap convenience store.

Tak hanya menjual, convenience store di Jepang juga menawarkan berbagai fasilitas lain sehingga pembeli juga bisa membuat mi instan sendiri dan memakannya di tempat tersebut.

Masyarakat Jepang tercatat menyukai mi instan rasa tulang babi, kaldu ayam, dan kaldu ikan dengan tambahan kecap yang manis. Varian populer lainnya pun tak kalah nikmat, seperti udon, soba, hingga mi goreng.

4. India

Menurut data WINA, India tercatat telah menghabiskan kurang lebih 6.730 juta porsi mi instan. Hal itu tidak mengherankan mengingat 60 persen masyarakat India tercatat sebagai vegetarian.

India memang sudah lama dikenal sebagai negara vegetarian karena budayanya yang menolak memakan daging sapi. Tak ayal, mi instan pun menjadi menu alternatif yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mayoritas warga India menyukai mi instan rasa kari dan ayam tikka. Mereka juga gemar menyantap mi instan rasa sup berbahan dasar sayuran dan tomat.

Tak hanya untuk makanan utama, mi instan juga banyak dijual dalam kemasan kantong kecil yang disebut “Chota Packs” sebagai jajanan untuk anak-anak.

3. Vietnam

Vietnam berhasil merangkak naik ke posisi tiga sebagai negara pemakan mi instan terbanyak di dunia sepanjang 2020. Menurut data WINA pada 11 Mei 2021, Vietnam tercatat menghabiskan 7.030 juta porsi, dibandingkan 5.430 juta porsi di tahun 2019.

Layaknya Indonesia, Vietnam juga memiliki sejumlah produk mi instan dengan berbagai varian rasa. Salah satunya, mi instan rasa Tom ChuaCay (campuran udang dan rasa asam). Varian ini paling populer di Negeri Tanah Naga Biru tersebut.

Masyarakat Vietnam juga tercatat menyukai mi instan dengan tekstur yang lebih elastis dengan tambahan bawang, lemon, dan paprika pada mi instan untuk disantap.

Selain tepung, mi instan versi Vietnam juga banyak yang menggunakan mi beras pho, khas Vietnam.

2. Indonesia

Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan pemakan mie instan terbanyak di dunia sepanjang 2020 dengan 12.640 juta porsi.

Negara yang memiliki jumlah lebih dari 270 juta jiwa ini sangat familiar dengan mi instan. Makanan tersebut bahkan telah menjadi menu masakan sehari-hari khususnya kalangan anak indekos.

Ada beragam jenis varian mi instan yang beredar di Indonesia. Salah satunya, Indomie yang juga telah merambah ke pasar internasional.

Indomie bahkan masuk top 10 Mi Instan Terbaik Versi Koki Dunia ketika bicara soal mi goreng. Kritikus restoran San Francisco Chronicle, Soleil Ho, mengatakan dia rekomendasikan Indomie mi goreng karena memiliki rasa gurih yang kuat yang berasal dari minyak bawang dan bawang goreng.

1. China dan Hong Kong

China dan Hong Kong menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pemakan mie instan terbanyak di dunia. Dua negara di kawasan Asia ini mengonsumsi 46.350 juta porsi mi instan yang disantap sepanjang 2020.

Hal ini tidak mengherankan mengingat dua negara tersebut merupakan negara yang kaya dengan menu olahan mi. Seperti yang diketahui, warga China dan Hong Kong memiliki sajian berbahan bihun dan sohun yang populer.

Seiring berkembangnya zaman dan pola kerja yang dituntut serba cepat, masyarakat China dan Hong Kong mengonsumsi mi instan karena mudah didapat dan proses pembuatannya yang cepat. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya