SERAHKAN : Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Limo Lukman Djaelani (paling kiri), memberikan pohon belimbing dewa secara simbolis kepada Kasi Ekbang Kelurahan Limo Avi Yufrida Habsari, di halaman kantor Kelurahan Limo, Kamis (31/3). NURHIDAYATI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kembali digembleng Kecamatan Limo. Ratusan pohon jenis alpukat, belimbing dewa dan jeruk limo diberikan ke Kelurahan Grogol dan Limo, Kamis (31/3). Ratusan tanaman bermanfaat tersebut nanntinya akan disebar ke setiap RT dan RW, agar dapat ditanam di pekarangan rumah.

Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Limo, Lukman Djaelani menjelaskan, tahun sebelumnya Kelurahan Meruyung dan Krukut yang mendapatkan tiga jenis tanaman produktif : buah-buahan. Di tahun ini, Kelurahan Limo dan Grogol yang diberikan pohon via program KRPL.

Tiap kelurahan, kata Deden –sapaan Lukman Djaelani- masing-masing mendapatkan 115 pohon. Dengan rincian pohon alpukat 25 buah, 30 belimbing dewa dan jeruk limo 60 buah. Penyerahan di dilakukan guna menghijaukan pekarangan dengan tanaman produktif. Dengan lahan seadanya, masyarakat dan kelurahan mesti memaksimalkan tanaman yang menghasilkan. “Kota Depok perlu ditambah penghijauannya, caranya ya seperti ini memaksimal KRPL,” ungkap pria yang pernah menjabat Lurah Meruyung ini.

Deden mengungkapkan, apa yang dilakukan ini sesuai arahan dari Walikota Depok Mohammad Idris untuk menciptakan ketahanan keluarga. Caranya dengan memanfaatkan lahan yang ada dan mewujudkan lingkungan yang hijau serta asri. “Kami sering diarahkan untuk memanfaatkan lahan dengan menanam toga dan sayur. Alhamdulillah, kami sudah menerapkan dan memberikan contoh langsung kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara, Kasi Ekbang Kelurahan Limo, Avi Yufrida Habsari yang langsung menerima ratusan pohon tersebut mengungkapkan, nanti akan diberikan secara merata kepada masyarakat. Tentunya, kelurahan akan drop ke ketua RW atau RT demi memudahkan penyaluran.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya pemberian ini. Pihak kelurahan juga nanti akan menanam sejumlah pohon yang diberikan itu. Mudah-mudahan ratusan pohon ini dapat tumbuh dan dapat dimanfaatkan masyarakat,” tandasnya.(ati/rd)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Fahmi Akbar