Wahyu Nugroho

RADARDEPOK.COM – Pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) Wahyu Nugroho akan menjalani seri pertama kompetisi R3 bLU cRU European Cup di sirkuit Aragon Spanyol, akhir pekan ini (8-9 April 2022). Kejuaraan ini bersamaan dengan balap WorldSBK, WorldSSP dan WorldSSP300.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Wahyu Nugroho yang merupakan pembalap berusia 19 tahun tersebut. Baik yang berhubungan dengan peningkatan stamina fisik ataupun racing skill, serta sudah menjalani pengujian resmi di sirkuit Aragon Spanyol beberapa waktu lalu (18 Maret 2022).

Proses adaptasi pada lintasan Aragon yang memiliki panjang 5,07 km dan menu 17 tikungan sudah dilakukan di atas pacuan Yamaha YZF-R3. Terlebih yang berhubungan dengan riding style dan racing line yang efektif. Tercatat 24 starter berusia antara 14-20 tahun yang siap ambil bagian dalam R3 bLU cRU European Cup 2022. Mereka yang berasal dari berbagai negara akan bersaing One Make Race di atas Yamaha YZF-R3 dengan spesifikasi standar.

“Selain tetap semangat dan pantang menyerah, persiapan yang telah saya lakukan dalam menghadapi round 1 ini adalah dengan terus berdoa dan melaksanakan latihan. Setelah mengikuti pre season run, saya masih berusaha untuk menentukan strategi khusus dengan melihat kondisi race. Saya juga merasa kurang puas dengan hasil pre season lalu, namun untuk round 1 saya akan berusaha dengan maksimal untuk mendapatkan hasil terbaik. Sirkuit Aragon merupakan sirkuit baru bagi saya karena memiliki banyak blind spot, seperti tanjakan, turunan dan tikungan yang tidak terlihat, memiliki banyak rolling speed corner, sehingga membutuhkan lebih banyak adaptasi,” ungkap Wahyu Nugroho.

Pengalaman Wahyu Nugroho dalam balap Asia Production 250 (AP250) gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2020 ataupun prestasi signifikan dalam pentas balap nasional menjadi modal penting bagi racer asal Boyolali, Jawa Tengah ini. Alhasil, motivasi kuat dan rasa optimis hadir untuk berjuang all out dalam meraih prestasi terbaik merebut podium.

Pemenang R3 bLU cRU European Cup 2022 akan diproyeksikan mengikuti persaingan di balap dunia WorldSSP300 bersama tim Yamaha. Hal tersebut yang menjadi semangat tersendiri bagi para peserta R3 bLU cRU European Cup 2022.

Menyangkut sistem balapan pada R3 bLU cRU European Cup 2022 adalah dengan melakukan sesi latihan bebas pada Jumat, 8 April 2022 dan berlanjut dengan kualifikasi Superpole untuk penentuan starting grid, sedangkan race akan dihadirkan dua kali pada Sabtu, 9 April 2022.

Mohon dukungan doa dan semangat dari masyarakat Indonesia agar perjuangan Wahyu Nugroho dapat menghasilkan podium, sehingga bendera Merah Putih dapat berkibar di pentas balap internasional. (rd)

Jadwal seri perdana R3 bLU cRU European Cup 2022 MotorLand Aragon – Spanyol :

 

Jumat, 8 April 2022 :

Free Practice (14:00 – 14:30 WIB)

Superpole (18:30 – 19:00 WIB)

Sabtu, 9 April 2022 :

Race 1 (16:45 WIB)

Race 2 (21:15 WIB)

 

Editor : Pebri Mulya