Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Waras Wasisto. Istimewa

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Waras Wasisto mengungkapkan, saat ini di Depok masih minim bangunan SMA Negeri atau sederajat. Untuk itu, perlu campur tangan dari Pemkot Depok.

“Dalam hal ini pengadaan lahan untuk lokasi dibangunnya sekolah, khususnya SMA Negeri atau sederajat,” tutur Waras Wasisto kepada Radar Depok.

Hal tersebut, sambung Wakil Rakyat dari Dapil Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, menjadi pekerjaan rumah bagi pemangku kebijakan. Terlebih, kewenangan sekolah negeri di Depok berbeda, yakni SD hingga SMP Negeri kewenangannya Pemkot Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik).

“Sedangkan, SMA negeri atau sederajat merupakan wewenang Disdik Provinsi Jawa Barat melalui Kantor Cabang Disdik (KCD) Depok-Bogor,” bebernya.

Baca Juga  Sekretaris Golkar Depok Bongkar Dana Saksi

Namun, lanjut Waras Wasisto, jika ada lahan, maka Pemkot Depok bisa mengajukan anggaran pembangunannya ke Pemprov Jabar. Tidak hanya dari Pemkot saja, tapi dari pihak ketiga atau swasta yang menghibahkan lahannya untuk dibangun sekolah.

“Seperti SMA 20 dan lainnya,” ujar Waras.

Dewan berkulit hitam manis ini pun berjanji, jika ada lahan yang bisa dibangun untuk sekolah negeri, khususnya SMA Negeri, pihaknya kemudian akan melakukan tindakan selanjutnya dalam rangka menindaklanjuti rencana pembangunan sekolah.

“Ya nanti kami tinggal survei kemudian dianggarkan di APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) berikutnya,” kata Waras.

Untuk itu, Waras Wasisto menegaskan bahwa keterlibatan Pemkot Depok sangatlah dibutuhkan demi tercapainya pembangunan SMA Negeri atau sederajat.

Baca Juga  Seminar Nasional AIKD: Targetkan Puncak Omzet di 2018

Sebab, lanjutnya, tidak memungkinkan bagi DPRD Jabar maupun pihak KCD untuk menetapkan lokasi mana yang akan dipilih untuk membangun sekolah.

“Kami di DPRD Jabar ataupun KCD tidak mungkin hafal wilayah Depok, yang ada paling melakukan monitoring ke SMA/SMK Negeri. Belum tentu dia pernah lihat lahan kosong di mana gitu, kan artiny harus ada masukan juga dari Pemkot Depok,” ucap Waras. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah