BANJIR : Warga yang sedang menyelamatkan barang beharga karena terdampak banjir di RT 05/10, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kamis (28/04). NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TANAH BARU – Intensitas hujan lebat yang melanda Kota Depok, akhir-akhir ini berdampak pada warga yang tinggal di RT 05/10, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji. Hal ini membuat membuat repot warga, pasalnya, mereka terpaksa mengungsi karena genangan air memasuki rumah.

Sebelumnya, menurut penuturan Karang Taruna Ketua RW 10, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Muhammad Alim, lokasi banjir yang sekarang, tidak pernah terjadi banjir sebelumnya, dan baru kali pertama di tahun ini mengalami banjir.

“Baru kali ini ditahun ini kebanjiran, sebelumnya tidak pernah, belum lama ini sudah kebanjiran yang pertama dan sekarang yang kedua kali, dan ini lebih parah,” ucap Alim.

Meski begitu, Alim yang mewakili warga setempat sama-sama menyebut peristiwa banjir ini dikarenakan dampak dari pembangunan Jalan Tol Cijago seksi tiga.

“Iya banyak yang bilang karena itu, dan saya pun setuju dengan itu,” ujar Alim.

Terhitung, ada 10 rumah yang terendam banjir dengan sebetis orang dewasa. Upaya warga yang dapat dilakukan hanyalah menunggu kesadaran pihak terkait agar peristiwa banjir ini tak terulang lagi.

“Untuk sementara waktu paling kami sama-sama membersihkan rumah gotong royong dengan warga dan menyedot air dengan mesin air seadanya,” ujar Alim.

Alim menambahkan, banjir tidak akan surut bila warga tidak bekerja sama untuk membersihkan genangan air dengan sukarela.

“Kalau didiamkan saja tidak bakal surut airnya,” tutup Alim. (ati)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah