BAKAR DUPA : Umat Budha sedang membakar dupa di Vihara Gayatri. 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Umat Budha di Indonesia hari ini merayakan hari raya Waisak 2022/2566BE. Salah satu tempat ibadah yang kerap dikunjungi di Kota Depok adalah Vihara Gayatri, di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos. 

Penjaga Kebersihan Vihara Gayatri Mastus mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah Waisak tahun ini pengunjung yang datang ke Vihara hampir mencapai 1.000 orang. Orang datang tidak hanya di hari Senin (16/05) saja, tetapi dari hari Minggu (15/05).

“Perkiraan sudah 800-an orang lebih yang datang silih berganti ke sini (Senin),” katanya, Senin (16/05). 

Dia mengungkapkan, prosesi ibadah sudah dimulai sejak pukul 11:00 WIB.  Ibadah  diawali dengan predaksina, yaitu prosesi mengelilingi dhammasala sebanyak tiga kali untuk menghormati tempat ibadah. Setelah itu, kita akan mempersembahkan amisa puja berupa perlengkapan altar seperti dupa, lilin, air, bunga dan buah. 

Kemudian proses ibadah akan dilanjutkan dengan Puja Trisuci Waisak dan dilanjutkan dengan meditasi detik-detik Waisak.

“Sesuai dengan tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian, tentu saja harapannya umat mampu menjalankan kehidupan beragama secara moderat, tidak condong ke kiri atau ke kanan supaya kita bisa menjaga kedamaian,” tukasnya. (rd/dra) 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya