brimob
BERTUGAS : 14 Perwira Korps Brimob yang berangkat ke Irlandia Utara dan Turki dalam meningkatkan kemampuan. Upacara pemberangkatan berlangsung di Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Korps Brimob Polri meningkatkan kemampuan dengan mengirim 14 perwira terbaiknya ke Irlandia Utara dan Turki dalam melatih kemampuan amunisi, ranjau dan bahan peledak.

Dari 14 personel tersebut, 10 personel dikirim Turki dan empat personel di kirim ke Belfast Irlandia-Inggris Raya. Seluruh personel mewakili Korps Brimob.

Dankor Brimob, Irjen Anang Revandoko menyampaikan, program pelatihan di Turki ini merupakan kelanjutan kerja sama antara Korps Brimob Polri dengan Komando Gendarmarie Nasional Turki, seban seak 2001 telah menjalin kerjasama.

“Tahun 2021 Dankor Brimob Polri dan Komandan Gendarmarie Nasional Turki sudah merintis kerja sama,” ungkapnya.

Semua petinggi Korps Brimob juga turut hadir, mulai dari Wakil Komandan Korps Brimob Brigjen Pol Setyo Boedi, Komandan Pasukan Pelopor Brigjen Pol Imam W, dan Komandan Pasukan Gegana Korbrimob Brigjen Pol Reza Arief.

Diterangkannya, Turki berpengalaman dalam penanganan kelompok-kelompok bersenjata di Timur Tengah. Sehingga kemampuan Korps Brimob akan memiliki kemampuan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak, dengan spektrum kawasan Timur Tengah.

“Kalau ke Belfast, Irlandia Utara, Inggris Raya untuk meningkatkan Sumber Daya Korps Brimob menyesuaikan ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan,” terang Irjen Pol Anang.

Memang kata Irjen Pol Nanang, pemberangkatan ini menjadi harapan Bapak Kapolri agar Korps Brimob bisa merespons dan mengantisipasi potensi ancaman, dengan belajar identifikasi di negara lain baik di Irlandia Utara dan Turki.

Tercatat, prajurit elit Polri ini memiliki 44.800 anggota saat ini, sehingga diharapkan 14 perwira yang diberangkatkan bisa berbagi pengetahuan dan ilmu kepada anggota lainnya.

“Sangat diharapkan dengan teman-teman untuk mengambil ilmu dari Turki dan Irlandia Utara,” harap Irjen Anang.

14 personel tersebut sekembalinya dari Turki dan Irlandia Utara diharapkan mentransfer ilmu dan pengalamannya ke seluruh jajaran Korps Brimob. Dengan demikian kemampuan dan kapasitas personel Korps Brimob semakin baik dan profesional.

“Jadi ada penambahan kemampuan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak. Semakin profesional sesuai dengan harapan Bapak Kapolri,” tambahnya.

Personel Korps Brimob Polri adalah personel yang setia dan berani dengan kemampuan yang profesional. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro