pra USK SMK Sar Farma
PERSIAPAN : Siswa program keahlian Keperawatan Sosial di SMK Sari Farma sedang menjalani Pra USK, Jumat (19/05). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMK Sari Farma yang berlokasi di Jalan Baiturahim, Kecamatan Beji mengadakan Pra Ujian Sertifikasi Kompetensi (USK), Kamis (19/05). Total ada 42 siswa kelas XII yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Kepala SMK Sari Farma, Afrian Setyowati mengatakan, ada dua program keahlian yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, yakni Keperawatan Sosial (social care) dan Farmasi Klinis dan Komunitas. Semuanya digelar dalam satu hari dengan ujian yang berbeda-beda tiap program keahliannya.

“Pra USK ini untuk meninjau kesiapan siswa kelas XII untuk menjalani USK yang sebenarnya. Serta melihat kebutuhan-kebutuhan lainnya yang bisa mensukseskan pelaksanaan USK,” ucapnya kepada Radar Depok.

Di program keahlian Keperawatan Sosial siswa harus menjalani praktik bagaimana menangani kebutuhan pasien lansia, disabilitas, napza, dan anak. Mereka diberikan kesempatan selama 90 menit menangani mereka semua dengan dinamika permasalahannya.

Ini adalah perdana untuk program keahlian Keperawatan Sosial untuk menjalani USK. Oleh karena itu, di Pra USK sangat penting untuk melihat detailnya.

“Sedangkan untuk pogram keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas, mereka meracik obat dengan waktu selama 3 jam,” katanya.

Afri-sapaannya- menuturkan, waktu pelaksanaan USK berbeda tiap program keahliannya. Untuk Keperawatan Sosial diadakan 28 Mei 2022, sedangkan untuk program keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas diadakan 23 – 25 Mei 2022.

“Semoga saja nantinya semua melewati USK dan bisa diakui sebagai lulusan yang berkompeten,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya