haji
ILUSTRASI : Susana pelayanan di Kantor Kemenag Kota Depok
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji Kota Depok tinggal menghitung hari. Sejumlah persiapan sudah dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok untuk memantapkan keberangkatan ke tanah suci.

Pelaksanaan haji tahun ini terasa spesial karena sempat terhambat kurang lebih dua tahun, akibat adanya pandemi Covid-19. Barulah bebarapa waktu lalu, Pemerintah Arab Saudi melonggarkan aturan yang membolehkan jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia untuk beribadah kembali di tanah suci Umat Muslim tersebut.

Baca Juga : Siap-siap, 776 Calon Haji Depok Berangkat 4 Juni

Akan tetapi, belum semua calon haji di Depok beruntung untuk melaksanakan pelaksanaan haji tahun ini. Sebab, masih ada regulasi yang membatasi jumlah keberangkatan haji. Selain kuota, usia juga menjadi faktor penghambat keberangkatan seorang jemaah untuk berangkat haji. Ini berkaitan dengan orang Lanjut Usia (Lansia).

Iya ada pembatasan dari Saudi, yaitu usia maksimal calon jemaah yang boleh berangkat haji tahun ini harus di bawah 65 tahun,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Depok, Yuli Rahmawati, Senin (23/5).

Dia mengungkapkan, di tahun ini jamaah tertua yang akan berangkat dari Depok berusia 64 tahun. Jumlahnya ada 27 orang. “Ada 27 orang lansia yang berangkat haji tahun ini,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, dari 776 kuota yang diberikan untuk jamaah haji Kota Depok, 19 orang diantaranya menyatakan penundaan keberangkatan. Hal ini dikarenakan pasangan atau pendampingnya tidak masuk nominasi untuk berangkat haji tahun ini.

Ada 19 orang jamaah yang mengajukan penundaan keberangkatan. Mungkin karena suaminya tidak bisa berangkat karena usianya melebihi batas usia yang ditentukan Pemerintah Arab Saudi,” bebernya.

Dia menambahkan, terkait pelunasan biaya haji di Depok sudah mencapai 97 persen dari 776 jemaah yang terdaftar sebagai jemaah haji di tahun ini. “Tiga persen lagi itu 19 orang yang tunda berangkat haji, jadi mereka belum melunasi biaya,” terangnya.

Untuk kesiapan keberangkatan, dia mengaku seluruh rangkaian persiapan baik administratif maupun material sudah mencapai 100 persen. Bahkan sejumlah pegawai Kemenag Depok yang bertugas sebagai pendamping sudah diberangkatkan ke Arab Saudi.

Insya Allah tanggal 4 Juni semua jamaah dari Depok sudah berangkat ke tanah suci,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro