PAKAI BAHU JALAN : Ratusan sepeda motor milik driver ojek online (Ojol) yang mangkal di bahu Jalan Raya Cinere tepatnya di depan Cinere Mal jadi sorotan, Rabu (11/5). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, CINERE – Ratusan sepeda motor milik driver ojek online (Ojol) yang mangkal di bahu Jalan Raya Cinere tepatnya di depan Cinere Mal jadi sorotan, Rabu (11/5). Sejumlah kalangan menyoal tersebut lantaran menimbulkan kesan kumuh di seputar gerbang masuk wilayah Kota Depok. Belum lagi, ratusan sepeda motor yang menggunakan badan jalan mengganggu kelancaran aktivitas lalu lintas.

Salah satu pengguna jalan, Taufik Rahman mengaku, sangat terganggu dengan keberadaan sepeda motor ojol yang menyita hampir setengah badan jalan. Terlebih, saat jam pergi dan pulang kerja, banyak kendaraan melintas di kawasan ruas jalan raya tersebut.

“Motor ojol ngetem di badan jalan kayak begini seharusnya ini ditertibkan karena sudah sangat mengganggu kelancaran lalu lintas,” ujar Opik sapaannya.

Keluhan serupa dilontarkan Haryati seorang pengendara sepeda motor. “Setiap mau pergi kerja saya lewat depan Cinere Mall, dan memang benar di depan Mall itu banyak sekali motor ojol yang parkir, itu sangat mengganggu dan bikin semrawut,” tegas Haryati.

Haryati berharap, pihak terkait seperti Satlantas Polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) dapat menertibkan sepeda motor di kawasan tersebut. Dan memastikan badan jalan tidak dioptimalkan oleh para driver Ojol sebagai tempat parkir.

“Harusnya polisi atau petugas dari Dinas Perhubungan mengambil sikap tegas dan menertibkan sepeda motor yang parkir diatas bidang jalan, apalagi kawasan itu merupakan salah satu pintu masuk wilayah Depok yang terlihat semrawut,” ujarnya.

Harapan senada disampaikan Ahmad Gozali salah satu warga Cinere. Gozali mengaku, tidak ada alasan bagi aparat untuk membiarkan keberadaan ratusan sepeda motor ojek online. Yang jelas itu mengganggu kelancaran aktivitas lalu lintas, dan menimbulkan kesemrawutan serta berpotensi memicu bahaya bagi pengguna jalan.

“Saya kurang mengerti kenapa ratusan sepeda motor yang setiap hari terparkir di badan jalan depan Cinere Mal kok didiamkan aparat terkait. Padahal, sudah jelas keberadaannya melanggar aturan dan mengganggu kelancaran lalu lintas dan membuat kesemrawutan areal seputar jalan raya,” tegas Gozali.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cinere, Ahmad Jayadi juga merasa heran dengan sikap pembiaran terhadap keberadaan ratusan kendaraan sepeda motor milik driver ojol di bidang jalan itu.

“Harusnya ditertibkan karena badan jalan bukan untuk tempat parkir tapi untuk dilalui para pengguna jalan,” tandasnya. (ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah