mudik tidak murah

RADARDEPOK.COM – Pasca libur Lebaran 2022, kini aktivitas sudah kembali normal. Meski begitu, kisah para pemudik masih banyak meramaikan media sosial. Salah satunya adalah pengakuan seorang pemudik yang sampai menghabiskan Rp 20 jutaan untuk momen lebaran bersama keluarga.

Hal ini seperti yang diunggah akun TikTok @susansusiloputri pada Senin (9/5). Lewat tagar dan caption unggahan, tampaknya pemilik akun mudik dari Jakarta ke daerah Temanggung-Wonosobo.

Ia sebenarnya hanya menunjukkan pemandangan perjalanan mudiknya. Namun deretan informasi yang disampaikannya sukses membuat publik tercengang.

Pasalnya, ia mengaku menghabiskan setidaknya sampai Rp 20 juta untuk seminggu pulang ke kampung halaman saat lebaran kemarin.

Cuma mau bilang.. biaya mudik itu ga murah..” katanya, Rabu (11/5/2022).

Isi e-toll. Bensin Pertamax, ya opsional kalo mau ganti Pertalite,” ujarnya melanjutkan. “Biaya lain-lain (seperti) parkir, pak ogah, toilet. Hampers buat keluarga yang didatangi.

Baca juga : PTM Kembali Digelar, Qonita Lutfiyah: Perhatikan Prokes Secara Ketat

Bukan hanya itu, perjalanan mudik yang berlangsung selama beberapa jam tentu memerlukan asupan konsumsi dan perbekalan yang cukup.

Biaya hotel kalo nginep beda kota / tiap kota yang dikunjungi. Biaya operasional konsumsi dll, paling banyak itu,” tuturnya.

Mesti pegang 20 juta untuk semua. Gak pegang segitu gak bakal berani nginep, apalagi mampir-mampir ke saudara,” lanjutnya.

Tingginya biaya yang dikeluarkan untuk mudik sepekan itu pun membuat pemilik akun harus memutar otak untuk kehidupan sehari-hari di tanah rantau hingga hari gajian tiba.

20 jutaan dihabiskan hanya untuk 1 minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operasional buat sehari-hari kerja, bukan ngeluh tapi hanya sharing aja,” tulisnya menambahkan.

Besarnya biaya yang harus digelontorkan untuk mudik ini seketika menyita perhatian banyak warganet. Namun ternyata warganet pun banyak yang membenarkan pengakuan tersebut, sembari menambahkan uang itu tidak sebanding dengan kebahagiaan ketika bisa berkumpul bersama keluarga.

Cuma Mao bilang.. harga segitu tidak sebanding dengan senyuman orang tua kita yang melihat kita pulang.. semangat pejuang mudik,” komentar warganet.

Gw jatim-jakarta aja seminggu berlima abis 10 jutaan. segitu nginep rumah ortu,” kata warganet.

Betulll banget…. 20 juta ongkos pesawat doank PP 5 orang,” tutur warganet.

Ada yang bilang kita kerja selama setahun itu untuk mudik,” celetuk warganet.

Biayanya emang mahal n kerja setahun cuma buat bisa mudik, tapi saat bisa bersama keluarga apalagi ortu, itu adalah kebahagiaan yang luar biasa, yang ga bisa diukur dengan uang,” timpal yang lainnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya