SALURKAN : Manager Aset Properti, Komunikasi dan Umum PLN UIP2B Jamali, M. Reza Kurniawan secara simbolis memberikan satu unit gerobak listrik kepada Bank Sampah Mekar Peduli (Meli), di RT6/7, Kelurahan Krukut, Limo Kota Depok, Sabtu (21/5). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Melalui program PLN Peduli. Sabtu (21/5), PLN UIP2B Jamali menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN kepada kelompok Bank Sampah Mekar Peduli (Meli), di RT6/7, Kelurahan Krukut, Limo Kota Depok. Adapun bantuan TSJL yang diberikan berupa gerobak listrik.

“Hari ini kami serahkan bantuan berupa gerobak listrik kepada Bank Sampah Mekar Peduli. Harapan kami, dengan bantuan ini nantinya dapat meningkatkan produktivitas kegiatan dari bank sampah,” tutur Manager Aset Properti, Komunikasi dan Umum PLN UIP2B Jamali, M. Reza Kurniawan.

PLN, sambung Reza, mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan. Apalagi dapat memberikan nilai lebih bagi perekonomian masyarakat. “Seperti contohnya kegiatan bank sampah yang dilakukan oleh warga RT6/7 Kelurahan Krukut ini,” terangnya.

Pemberian gerobak listrik bertujuan agar sampah warga di RT6/7 dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga penumpukan sampah tidak sampai menimbulkan masalah baru bagi lingkungan. Pengelolaan sampah yang baik dapat membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan nyaman. Bantuan gerobak listrik juga membantu memperlancar operasional dari kegiatan Bank Sampah Mekar Peduli. Hal ini tentunya juga memberi dampak positif bagi perekonomian warga.

Ketua Bank Sampah Mekar Peduli, Novi Kartikasari mengungkapkan, selama ini warga mengumpulkan sampah di rumahnya. Sampah yang sudah terkumpul akan diambil oleh pengepul sampah setiap beberapa hari sekali. Hal ini menyebabkan penumpukan sampah di rumahnya.

“Sampah menumpuk disini jika pengepul belum datang untuk mengambil. Ini menyebabkan lingkungan menjadi kotor. Selain itu, hasil yang bisa diperoleh warga dari penukaran sampah menjadi tertunda,” ungkap Novi.

Pada acara penyerahan bantuan TJSL PLN UIP2B Jamali dihadiri juga Lurah Krukut, Tajuddin. Menurut lurah, PLN UIP2B Jamali sudah banyak membantu di Kelurahan Krukut. Sebelumnya sudah ada penanaman pohon, pembuatan lubang resapan biopori, dan hari ini pemberian gelis gerobak listrik. “Krukut merasa terbangun dengan adanya CSR dari PLN UIP2B Jamali. Andalan kita adalah PLN Peduli,” ujar Tajuddin.

Tajuddin juga menjelaskan, PLN UIP2B Jamali membantu mengangkat Kelurahan Krukut menjadi wilayah yang maju. “Saya Lurah Krukut memberikan apresiasi kepada PLN UIP2B Jamali yang sangat peduli, bersama-sama berkontibusi dalam membangun Kelurahan Krukut dalam segala kegiatan. Untuk diketahui, apresiasi dari kegiatan-kegiatan CSR ini saya angkat dalam lomba Kelurahan. Kemarin Krukut juara pertama di tingkat kecamatan. Nantinya akan dilombakan ke tingkat Kota Depok,” paparnya.

Tidak hanya bantuan gerobak listrik, kelompok Bank Sampah Mekar Peduli juga mendapatkan penyuluhan mengenai sampah yang disampaikan oleh Reina Ekawati dari Komunitas Penggiat Lingkungan (KOPEL), Limo.

Acara diakhiri dengan pengambilan sampah-sampah dari rumah warga dengan menggunakan gerobak listrik, dan dilanjutkan dengan penimbangan sampah yang disetorkan warga.(rd)

Editor : Fahmi Akbar