SILATURAHMI : Haji Anwar didampingi istrinya sedang bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama di Kecamatan Bojongsari. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Open House menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Kota Depok, saat merayakan Idul Fitri. Salah satu tokoh masyarakat yang selalu menerapkan tradisi open house adalah Haji Khairil Anwar.

Penggagas Gerakan Ayo Depok yang akrab disapa Haji Anwar ini mengatakan, open house sudah menjadi semacam keharusan bagi dirinya, mengingat tingginya animo sanak saudara dan warga Bojongsari yang datang bersilaturahmi ke kediamannya.

“Alhamdulillah tahun ini akhirnya bisa mengadakan open house secara nyaman karena sudah tidak terhalang pandemi Covid-19,” katanya kepada Radar Depok, Jumat (6/5).

Dia mengungkapkan, kegiatan open house di rumahnya sudah dimulai sejak hari H Idul Fitri sampai saat ini. hanya saja, saat Idul Fitri hingga H+ 3 mayoritas open house baru bisa dilakukan sore hari.

“Kalau sekarang sudah bisa dari pagi. Karena kemarin saya hanya bisa ada waktu di rumah itu ba’da Ashar karena harus silaturahmi ke rumah orangtua dan saudara tertua saya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Open House dilakuka sebagai bentuk menjaga silaturahmi dan ukuwah dengan sanak saudara dan sahabatnya. Di lain sisi dalam open house ini dia juga bisa saling bertukar pikiran untuk mendengarkan keluh kesah warga masyarakat.

“Saya bukan orang politik, tapi Insha Allah setiap masyarakat yang datang untuk meminta pertolongan semampu saya untuk memberikan solusi untuk mereka,” tuturnya.

Dia menyebutkan, sejak dilakukan pada Idul Fitri hingga hari ini berbagai kalangan sudah datang ke rumahnya untuk bersilaturahmi dan halal bi halal, mulai dari masyarakat biasa, tokoh agama dan tokoh masyarakat lain serta sejumlah pejabat di instansi Pemerintahan Kota Depok.

“Alhamdulillah dengan hati ikhlas dan penuh kehangatan kami saling bermaaf-maafan di hari yang fitri ini dan saling berkomitmen untuk bahu membahu membangun Kota Depok yang lebih maju,” bebernya.

Dia berharap, di momen yang fitri ini Ayo Depok di bawah komandonya bisa berkontribusi lebih banyak untuk membantu menyejahterakan warga Depok.

“Ayo Depok selalu siap sedia untuk membantu warga Depok untuk menjaga keutuhan dan kemajuan warganya khususnya orang Depok asli,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abetnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah