BERKUNJUNG : Redaksi Radar Depok sedang berkunjung ke rumah Haji Anwar. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Redaksi Radar Depok mengunjungi rumah salah satu tokoh Kota Depok, Haji Khairil Anwar, yang berlokasi di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Jumat (13/5).

Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Radar Depok Fahmi Akbar mengatakan, maksud tujuan redaksi ke sana untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi mengenai gagasan-gagasan Haji Anwar terkait Kota Depok.

Sangat menarik bisa bertemu dengan Haji Anwar. Beliau memiliki wawasan yang luas dan memiliki rasa kepedulian dan kecintaan yang besar akan Kota Depok,” kata Fahmi, Jumat (13/5).

Di tempat yang sama, Haji Anwar mengatakan, dia memiliki gagasan untuk memajukan perekonomian warga Depok, yaitu melalui Gerakan Ayo Depok.

Baca Juga : Menyelami Haji Anwar, Penggerak Ayo Depok (1) : Asli Kebayoran, Pilih Kucing Daripada Dosen

Gerakan Ayo Depok ini gerakan moral. Jadi lewat gerakan ini saya ingin mengajak warga Depok asli, bukan penduduk pendatang atau yang hanya numpang tidur di Depok, untuk bersama-sama bangkit menyejahterakan masyarakat dan kotanya,” ucap Haji Anwar.

Dia menyebutkan, Gerakan Ayo Depok ini mengedepan aspek sosial dan ekonomi yang mana warga Depok diajak untuk saling bergotong royong memajukan perekonomian sesama.

Saya punya konsep warga Depok saling membantu. Contohnya kita harus berbelanja di warung milik warga Depok. memang harganya akan lebih mahal dibanding harga di toko swalayan atau pasar yang ada di wilayah tetangga. Nah di harga yang lebih mahal itu yang kita maksud saling membantu,” tuturnya.

Menurutnya, dengan membeli prodak dan warung milik warga Depok perputaran ekonomi akan berjalan di Depok.

Kalau kita berbelanja di swalayan bermerek uangnya itu udah pasti lari ke Jakarta, gak ada sisahnya untuk Depok. nah ini lah pentingnya gerakan saling gotong royong yang saya maksud ini. supaya semua warga Depok bisa maju bersama,” bebernya.

Tidak hanya membuat gerakan dan gagasan, dia juga kerap membagikan ilmunya kepada orang-orang yang memang mau menjalankan gerakan ini. dia rutin memberikan pelatihan entepreneurship kepada pemuda yang ada di Depok. dengan harapan pemuda di Depok bisa membuka usaha baru dan bisa membuka lapangan kerja bagi yang lainnya.

Saya berikan ilmu bagaimana caranya menjadi pengusaha yang mampu berjuang dengan modal nol. Dan saya membentuk mental wirausahawan tangguh yang Insya Allah bisa mengangkat perekonomian mereka,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro