imigrasi
ANTRE PASPOR : Masyarakat sedang mengantre di Kanim Kelas I Non TPI Kota Depok, untuk melakukan permohonan pembuatan paspor. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Non TPI Kota Depok turut serta mendukung pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah, yang dilaksanakan Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) tahun 2022 ini.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Non TPI Depok, Fahrul Novry Azman mengatakan sejak Pemerintah Saudi Arabia melonggarkan aturan perjalanan masuk ke negara raja minyak tersebut, permintaan pembuatan paspor di Kanim Depok meningkat drastis.

Ada kenaikan permohonan paspor yang signifikan, apalagi sebentar lagi musim haji,” kata Fahrul, Selasa (17/8).

Dia mengungkapkan, permohonoan pembuatan paspor yang masuk ke Kanim Kelas I Depok mencapai ratusan permohonan perhari. Hari ini saja ada 150 permohonan yang masuk,” tuturnya.

Fahrul merinci, permohonan yang masuk ke aplikasi online Mpapsor 40 pemohon, aplikasi Apapo 10 pemohon, layanan prioritas dan VIP 35 pemohon layanan Walk In 25 pemohon, antrean online Mpaspor ULP Detos 25 pemohon, dan layanan prioritas ULP Detos 15 Pemohon.

Seminggu bisa 1000-an orang yang memohonkan paspor dan ratusan paspor akan kami terbitkan, sesuai dengan kelengkapan persayaratan dan administrasi yang dipenuhi pemohon,” bebernya.

Dia menjelaskan, dari ratusan pemohon paspor yang mendatangi layanan Kanim Kelas I Non TPI Depok, mayoritas merupakan calon jemaah haji dan umrah yang berasal dari Depok.

Mayoritas haji dan umrah, tapi ada juga yang mengurus untuk jalan-jalan atau keperluan sekolah di luar negeri,” tutupnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro