TRANSPORTASI : KRL Commuterline yang mulai kembali normal saat melintas di Stasiun Depok Baru usai kebakaran yang terjadi di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kebakaran di Pasar Kemiriuka, Kecamatan Beji, membuat jadwal perjalanan commuter line Bogor-Jakarta Kota, Bogor-Angke/Jatinegara mengalami gangguan kurang lebih tiga jam lamanya.

Pernyataan resmi yang dikeluarkan KRL Commuter Line kereta sedikitnya ada empat kereta yang tertahan akibat kebakaran tersebut, satu perjalanan KRL relasi Bogor-Jakarta Kota dan tiga perjalanan KRL relasi Bogor-Angke/Jatinegara.

“KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala perjalanan KRL di antara Stasiun Depok Baru-Stasiun Universitas Indonesia karena adanya kebakaran di sekitar Stasiun Depok Baru,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

Dilanjutkannya, KAI segera mematikan Listrik Aliran Atas (LAA) lintas Depok-Depok Baru untuk sementara demi keselamatan serta keselamatan penumpang, dibarengi dengan evakuasi penumpang.

“KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi dengan menggunakan satu jalur bergantian,” lanjutnya.

Untuk mengevakuasi pengguna yang tertahan di KA 1625A relasi Bogor-Angke, KA 1869A relasi Bogor-Jatinegara dijalankan di jalur yang berlawanan.

Selain itu, KA 1847-1848A relasi Jatinegara-Bogor perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Minggu untuk selanjutnya kembali menuju Stasiun Angke.

“Sementara KA 1198 relasi Jakarta Kota-Bogor perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Minggu untuk selanjutnya kembali menuju Jakarta Kota,” terang Anne.

Pada pukul 21.03 WIB, kabel LAA yang putus sudah berhasil diperbaiki petugas sehingga aliran listrik sudah menyala kembali. Namun proses penguraian antrean perjalanan KRL masih terjadi buntut dari kebakaran dan putusnya kabel LLA. (arn)

Jurnalis : Arnet Kelamanutu
Editor : Ricky Juliansyah