KOMPAK : Warga RT 04/04, Kelurahan Beji Timur, melakukan kerja bakti sebagai tanda Libur Lebaran 2022 telah usai, Minggu (8/5). NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

Ada yang unik dari RT 04/04, Kelurahan Beji Timur, bila warga lain berlomba-lomba menghabiskan waktu libur untuk pergi ke tempat rekreasi, atau sekedar menikmati hari di Rumah. Lain cerita dengan RT 04/04, Kelurahan Beji Timur, di mana warganya kompak melakukan kerja bakti untuk menutup libur Lebaran 2022 dan sebelum memulai aktivitas seperti biasanya.

Laporan : Nurhidayati Fauna

RADARDEPOK.COM, BEJI – Warga RT 04/04, Kelurahan Beji timur, cukup baik dalam memanfaatkan penghujung Hari Libur Lebaran dengan kompak mengadakan kerja bakti bersama warga yang tidak mudik maupun yang sudah pulang kerumah sehabis mudik.

Walau banyak orang yang memanfaatkan waktu libur dengan kegiatan yang mainstream, seperti bepergian ke tempat wisata. Tak sedikit pula warga RT 04/04 yang meluangkan waktunya untuk ikut bekerja bakti sebagai bentuk pedulinya kepada lingkungan sekitar.

“Kebersihan sebagian dari iman, kapanpun dan di manapun, kita harus memperhatikan kebersihan,” ucap Ketua RT 04/04, Bambang, kepada Radar Depok, Minggu (8/5).

Itulah yang menjadi pedoman warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan mereka. Bambang menuturkan ini adalah ide dari masyarakat sekitar untuk membuat kerja bakti sebelum memulai aktivitas seperti biasanya.

“Ada yang profesinya pedagang akan dagang besok, ada yang pegawai akan masuk juga besok,” ujar Bambang.

Menurut bambang, tidak ada golongan di lingkungannya. Semua warga sama-sama kompak membersihkan lingkungan, ada yang membersihkan saluran air yang tersebut karena ditinggal pemilik rumah mudik, ada pula yang memotog rumput karena sudah panjang, atau menyapu jalan dan membersihkan sampah yang terlintas sembarangan.

“Alhamdulillah hal ini dilakukan murni karena suka rela,” ucap Bambang.

Hal ini membuat solidaritas warga RT 04/04 semakin kuat. Di akhir kegiatan kerja bakti, Bambang berharap agar kegiatan ini dapat memiliki makna mendalam bagi yang berpartisipasi dalam kegiatan. Tidak melulu dengan ucapan tapi dengan aksi dan bukti nyata. (*)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah