KOALISI : Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa itu berlangsung di Rumah Heritage, Jakarta, pada Kamis (12/05) malam. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Sekretaris DPW PAN Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad menyambut baik Koalisi Indonesia Bersatu yang dijalin tiga ketua umum partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), bertemu. Mereka sepakat untuk bersinergi menuju Pemilu 2024.

Komitmen antara Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa itu berlangsung di Rumah Heritage, Jakarta, pada Kamis (12/05) malam. Hasbullah mengatakan bahwa komitmen membentuk Koalisi Indonesia Bersatu ini merupakan langkah awal menjelang Pemilu 2024.

“Tentu kami sebagai kader menyambut baik komunikasi yang dijalin itu. Sebab, disadari PAN tidak bisa mengusung Capres sendiri dan harus berkoalisi. Dan, tidak menutup kemungkinan komunikasi dengan partai lain,” kata Hasbullah kepada Radar Depok, Senin (16/05).

Insert : Sekretaris DPW PAN Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad

Untuk itu, Hasbullah yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Jawa Barat ini berharap agar Koalisi Indonesia Bersatu yang dibangun di tingkat pusat tersebut dapat segera ditindaklanjuti pimpinan partai tiap jenjang, baik provinsi dan kabupaten/kota.

“Kami sebagai kader partai harus Samina Wa Atho’na dengan keputusan pimpinan. Sementara sudah ada koalisi yang dibangun di tingkat DPP, harapannya di tiap pimpinan wilayah dan daerah (DPW dan DPD PAN) bisa ngobrol dengan pengurus Golkar di tingkat kota, kami di Jabar sudah melakukan komunikasi informal,” tegasnya.

Sebab, sambung politikus yang digadang-gadangkan akan maju pada Pilkada Depok 2024 ini, Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk dalam rangka Pemilu dan Pilpres 2024. Sehingga, seluruh kader di tiap tingkatan dapat mengejawantahkan instruksi dari pimpinan pusat.

“Kita juga harus bisa melaksanakan pemenangan di Pemilu dan Capres serta Cawapres yang akan diusung dalam Pilpres. Kami dari PAN akan siap menjalankan perintah dari DPP,” katanya.

Hasbullah menambahkan, Koalisi Indonesia Bersatu tiga partai ini memiliki modal kuat. Sebab, secara kalkulasi, jumlah kursi tiga partai tersebut sudah memenuhi syarat untuk mengajukan Capres dan Cawapres.

Diketahui, merujuk hasil Pemilu 2019, Partai Golkar memiliki 85 kursi DPR, PAN 44 kursi, dan PPP 19 kursi. Jumlah 148 kursi tiga partai tersebut mencapai 25,7 persen.

“Koalisi Indonesia Bersatu ini sudah melebihi syarat minimal presidential threshold, yakni 20 persen kursi nasional,” pungkas Hasbullah. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah