SILATURAHMI : Ketua DKR Kota Depok, Roy Pangharapan (Berdiri kedua dari kanan) bersama Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari dan aktivis kesehatan. Istimewa

Dengan merebaknya penyakit Hepatitis, Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok menyerukan masyarakat untuk kembali menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah ditemukannya kasus Hepatitis dalam pandemi Covid di berbagai negara, bahkan di Indonesia sendiri, untuk antisipasi masyarakat diminta melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Pandemi Covid-19 telah mengajar kita semua untuk hidup sehat, dimulai dari hal paling sederhana yaitu cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Pada prinsipnya adalah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” tegas Ketua DKR Kota Depok, Roy Pangharapan.

Roy menambahkan bahwa penularan Hepatitis melalui mulut dapat dihindari dengan memastikan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih mengalir.

Tak lupa DKR juga meminta agar masyarakat menjaga imunitas tubuh agar tetap fit, dengan cara berolahraga makan yang bergizi dan bervitamin.

“Jangan lupa juga, dengan mengkonsumsi ramuan herbal tradisional yang dapat menghambat replikasi virus,” katanya.

Terlebih masyarakat yang pernah vaksin dengan platform adenovirus, menurutnya perlu minum rutin ramuan sapu jagat yang terdiri dari 1 jari kencur, 3 batang sereh, 1 jari lengkuas, 7 bilah peka ,1 jari kunir putih/temu mangga, 3 siung bawang merah dan 1 sendok makan Pulosari.

“Semua direbus dengan air 7 gelas menjadi 6 gelas, untuk 6 orang , diminum satu Minggu sekali. Ramuan tersebut karya dr .Sidi Aritjahya, herbalis dari kota Semarang,” jelas Roy.

DKR juga meminta kepada masyarakat untuk tidak panik,tetap tenang dalam menyikapi kemungkinan adanya wabah Hepatitis. (*)

Editor : Ricky Juliansyah