NGAJI : Sejumlah warga ketika melakukan pengajian di aula TPUI Caringin, Kampung Kekupu, RT 06/04, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamataan Pancoranmas. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam merayakan hari raya Idul Fitri, seperti yang dilakukan masyarakat Kampung Kekupu, RT 06/04, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamataan Pancoranmas. Mereka menggelar pengajian di aula makam TPUI Caringin.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM – Lantunan ayat Alquran terdengar indah dari dalam aula makam TPUI Caringin di Kampung Kekupu, RT 06/04, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamataan Pancoranmas. Sejumlah warga tengah melakukan pengajian yang diliputi bebrbagai agenda seperti membaca Alquran sampai khatam dan salat berjamaah.

Setiap harinya, kegiatan itu digelar selama 12 jam dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB pada sesi pertama. Kemudian, dilanjutkan dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB untuk sesi kedua. Pesertanya, adalahh masyarakat dari setiap RT dari 4 RW di lingkungan setempat.

Mereka sengaja menggelar kegiatan pengajian itu untuk mendoakan ahli kubur keluarga besar di Kampung kekupu, Kelurahan Rangkapan Jaya tiap tahunnya. Mulai dari tanggal 2 Syawal sampai selesai.

“Agar generasi kita cinta terhadap Alquran dan selalu mendoakan orangtua serta mau berziarah kubur,” kata Ketua pengajian tersebut, Iwan Syamsudin kepada Radar Depok, Selasa (10/05).

Tiap pergantian giliran, sebut Iwan, masing-masing perwakilan RT memberikan uang sebesar Rp 300 untuk uang kas. Nantinya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk biaya perawatan makam.

“Jumlah RT seluruh nya 25 RT. Lokasi tetap di aula makam. Maksudnya selain ngaji mereka juga memberikan uang setoran kepada pengurus untuk biaya perawatan makam,” ucap Iwan. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah