marc marquez motoGP
Marc Marquez.

RADARDEPOK.COM – Di sisa musim MotoGP 2022 akan dilalui tanpa Marc Marquez. Hal itu lantaran The Baby Aliene membuat keputusan mengundurkan diri di MotoGP 2022, karena belum pulih betul dari cedera lengan kanannya, dan akan menjalankan operasi keempat. 

Nasib sial dialami Marc Marquez saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia 2022 di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/05). Dia mengalami high side, motornya juga sempat terbakar di tepi lintasan. Tapi rider Spanyol itu bisa bangkit dan melanjutkan lagi ke lintasan dengan hasil kualifikasi di urutan ke-12.

Usai menjalani kualifikasi, manajer Repsol Honda, Alberto Puig bersama Marc Marquez mengadakan sesi jumpa pers, yang menyatkan. The Baby Aliens akan rehat karena naik ke meja operasi untuk keempat kalinya.

Operasi akan dilakukan di Klinik Mayo di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat. Setelah periode pasca operasi selesai, ia akan kembali ke Spanyol untuk memulai pemulihannya. Dokter kemudian akan menilai kondisi Marquez dan masa pemulihannya.Juara Dunia MotoGP™ enam kali itu akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada Selasa, 31 Mei untuk menjalani operasi, di bawah arahan Dr Joaquin Sanchez Sotelo.

Marc akan fokus pada pemulihan fisiknya. Dia bahkan menyebut akan rehat dari MotoGP 2022.

“Sayangnya, saya harus istirahat dari musim 2022 yang akan menjauhkan saya dari kompetisi untuk sementara waktu,” ujar Marquez disitat dari MotoGP, Minggu (29/05).

Marquez mengakui masih punya masalah di lengan kanannya. Ini yang membuat rider andalan Honda tidak bisa mengendalikan RC213V dengan benar, dan sulit tembus podium di musim MotoGP 2022.

“Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid, kondisi fisik saya telah membaik dan saya telah mengurangi ketidaknyamanan di lengan kanan saya untuk dapat bersaing di Grand Prix, tetapi saya masih memiliki keterbatasan pada humerus saya yang tidak memungkinkan saya mengendarai motor dengan benar dan mencapai tujuan yang selalu saya tetapkan untuk diri saya sendiri,” ungkap Marc Marquez

Alasan Marc untuk naik ke meja operasi lagi. Dia ingin kembali berada di top level.

“Saya mengambil keputusan untuk melakukan operasi baru dengan tujuan untuk meningkatkan posisi saya di atas motor yang memungkinkan saya membalap tanpa batasan saat ini. Secara pribadi, saya memiliki motivasi dan antusiasme maksimal untuk terus bekerja dan berusaha untuk kembali bersaing di level tertinggi,” jelas Marquez. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya