donor
DONASI : Relawan dan anggota Komunitas Sobat Donor ketika menggelar donasi untuk pembiayaan pengobatan dan pendidikan gratis. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Belum lama terbentuk, Komunitas Sobat Donor sudah mulai berkegiatan. Meski awalnya fokus pada pendonoran darah kini, mereka sudah mulai kegiatan sosial dan kemanuasian seperti berbagi sembako dan pembiayaan pengobatan bagi warga kurang mampu.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Disela-sela kegiatan donor darah yang digencarkan Komunitas Sobat Donor, ada teriakan halus dari warga kurang mampu soal ketidak-mampuan mereka membayar biaya pengobatan di Rumah Sakit (RS) maupun pada fasilitas kesehatan lain.

Suara itu, perlahan-lahan menyayat hati jajaran anggota dan relawan Komunitas Sobat Donor. Apalagi, Ketuanya Iman Surahman yang dengan cepat merespon persolan tersebut.

Bukan ingin menggeser visi-misi komunitas tersebut, Iman berpikir untuk berbuat lebih kepada masyakat dengan mengadakan sejumlah kegaitan termaksud membiayai pengobatan bagi warga yang tidak atau kurang mampu.

Komunitas Sobat Donor berawal dari hanya sekedar memberikan bantuan donor darah berdasarkan dari permintaan yang langsung masuk melalui sosial media maupun yang langsung menghubungi relawan,” kata Iman kepada Radar Depok, Kamis (26/5).

Tidak hanya itu, dia menjelaskan, Komunitas Sobat Donor juga memberikan bantuan sosial dan kemanusiaan. Diantaranya, bantuan pendidikan serta bantuan sembako dan uang tunai bagi mereka yang membuthkan.

Kami juga mulai membuka pelayanan cek kesehatan gratis yang dilaksanakan secara rutin setiap empat bulan sekali,” terang Iman.

Kendati demikian, Iman mengaku, menemukan berbagai kendala dalam melaksanakan kegiatan tersebut apalagi soal dana yang diakibatkan, kurangnya donasi.

Namun, kegitan sosial kemanusiaan lainya ini masih kami lakukan dalam jumlah yang terbatas dikarenakan masih terbatasnya donasi untuk dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dalam sekala yang lebih luas,” tandasnya. (Bersambung)

Editor : Junior Williandro