PEMENANG : Sekcam Limo Yeni Soehartini, Lurah Meruyung Yuyun Purwana memberikan piala dan uang pembinaan kepada pemenang dalam acara Road Show Parenting di Kantor Kelurahan Meruyung, Kamis (19/5). DIKA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Tinggal Kelurahan Limo, Grogol dan Krukut di Kecamatan Limo yang belum. Kemarin (19/5), pasukan Ojek Cantik Pembawa Makanan Anak Stunting (Ocan Bananas) resmi diluncurkan Kelurahan Meruyung dalam program D’Sunting Menara Kota Depok. Ditarget dalam waktu tiga bulan 43 anak stunting bisa berkurang hingga zero kasus.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Limo, Yeni Soehartini mengungkapkan, petugas Ocan Bananas yang membawa makanan langsung kerumah anak stunting. Diharapkan setelah tiga bulan berlangsung ada penurunan penderita stunting di Meruyung. Tiga bulan itu sekaligus evaluasi terhadap hasil  pemberian bantuan makanan kepada anak. “Pasti ada evaluasi setelah tiga bulan,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (19/5).

Baca Juga : Prevalensi Stunting Kota Depok Capai 4,7 Persen

Menurutnya, di Kecamatan Limo baru Kelurahan Meruyung yang mengadakan Gebyar D’Sunting Menara setelah di Kecamatan Limo sebelumnya. Semoga kelurahan : Limo, Grogol dan Krukut bisa menyusul. Mengingat, berdasarkan data sebelum divalidasi UPT Puskesmas Limo anak dengan stunting lumayan banyak. Di Kelurahan Limo ada 47 anak, Grogol ada 39 anak dan Krukut ada 22 anak.  “Saya sangat berharap kelurahan yang lain bisa menyusul,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Meruyung, Yuyun Purwana menyebut, jumlah anak stunting di Meruyung sebanyak 43 anak yang tersebar di 12 RW. Semua anak stunting mendapatkan bantuan makanan tinggi kalori dan tinggi protein. “Tiga kali dalam seminggu kami akan memberikan bantuan makanan untuk anak stunting dan kami pastikan semua anak stunting akan dapat bantuan makanan tinggi kalori dan Protein (TKP),” papar lurah.

Selama dua hari (18-19/5), kata lurah, 36 anak dari 12 RW mengikuti sejumlah kegiatan lomba yang sekaligus sosialisasi tentang stunting. Lombanya mulai dari menggambar sampai literasi soal stunting. “Alhamdulillah giat tersebut disambut antusias dari anak-anak dan orangtua,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Meruyung, Pipih Sopiah mengaku, optimis pemberian bantuan makanan TKP kepada 43 anak stunting, dapat mengurangi jumlah anak terindikasi stunting di wilayah Kelurahan Meruyung. “Nanti setelah tiga bulan akan ada evaluasi dan kami yakin jika program pemberian bantuan makanan tinggi kalori dan protein ini berjalan lancar. Akhir Agustus nanti akan ada pengurangan jumlah anak stunting di wilayah Kelurahan Meruyung,” kata Pipih Sopiah.

Demi merealisasikan harapan tersebut, Pipih meminta kepada para petugas Ocen Bananas mentaati jadwal pemberian bantuan makanan TKP kepada para anak stunting. “Kami berharap para petugas ojek cantik dapat melaksanakan tugas sosial ini dengan penuh keikhlasan demi menyukseskan program D’sunting Menara,” pungkas Pipih Sopiah.

Pantauan Radar Depok, Sekcam Limo Yeni Soehartini didampingi Lurah Meruyung Yuyun Purwana dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Pipih Sopiah melepas puluhan Ocen Bananas di depan Kantor Kelurahan Meruyung.(cr1/rd)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Fahmi Akbar