ACARA : Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno, saat tasyakuran HUT ke-22 PAN di Kantor Sekretariat DPD PAN Kota Depok, Sabtu (29/08). RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok melakukan persiapan sejak dini guna menghadapi Pemilu 2024 dan merebut kembali kursi legislatif yang hilang, salah satunya melakukan perekrutan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) lebih awal.

Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno mengatakan, untuk menghadapi Pemilu 2024, pihaknya masih melakukan persiapan untuk verifikasi Parpol oleh KPU yang akan dilaksanakan sekitar Agustus.

“Beririsan dengan hal tersebut, kami juga melakukan Pencalegan sejak dini, untuk mencari calon-calon yang mumpuni, memiliki kapabilitas, popularitas dan elektabilitas untuk Pileg 2024,” kata Igun Sumarno kepada Radar Depok, Senin (9/5).

Perekrutan Bacaleg sendiri, sudah dilaksanakan per 1 Januari 2022 kemarin, Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 (Cilodong-Tapos) ini melanjutkan, berdasarkan data terakhir sudah ada 34 calon. Dan, untuk melengkapi 50 orang, pihaknya masih mencari 16 pendaftar lagi.

“Sekarang pun Alhamdulillah, tiap bulan ada yang mendaftar. Hari ini pun saya dapat informasi ada juga yang daftar, tokoh juga. Jika sudah terpenuhi kuota 50 calon, kami akan mengadakan pelatihan, utamanya terkait metode kampanye, persiapan saksi dan strategi-strategi pemenangan di 2024,” tegas Igun Sumarno.

Selain itu, pihaknya juga terus memperkuat infrastruktur partai dengan merapikan struktur kepengurusan, mulai dari DPD, DPC, Ranting, Rayon hingga Sub Rayon harus terpenuhi 100 persen.

“Kalau seluruh kepengurusan itu sudah terisi 100 persen, bayangkan dari DPD hingga ranting itu ada 1.333 orang. Jika, dari jumlah tersebut semuanya maksimal, jika bawa 10 orang pemilih saja, itu sudah dapat dua sampai 3 kursi,” terang Igun Sumarno.

Igun Sumarno melanjutkan, pihaknya pun dalam waktu dekat akan melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepengurusan untuk ranting. Dia mengatakan bahwa PAN Kota Depok akan terus melakukan persiapan dengan baik.

“Minimal kami bisa kembali mengambil dua kursi yang ‘dititipkan’, jadi kembali lagi enam kursi. Kami hanya lengah saja kemarin (2019). maksimalnya, target kita di delapan kursi,” katanya.

Ditanya terkait kans dan peluang Bacaleg yang mendaftar, Igun Sumarno kembali menegaskan bahwa partai selalu optimis dan yakin bahwa di antara yang mendaftar per Dapil sendiri sekitar tiga orang.

“Itu sudah terpenuhi. Insha Allah kami optimis dapat mengambil kembali kursi yang dipinjam partai lain,” pungkas Igun Sumarno.

Diketahui pada Pemilu 2014, DPD PAN Kota Depok meraih enam kursi, yakni di Dapil 1 (Cimanggis) Titi Sumiati, Dapil 2 (Cilodong-Tapos) Igun Sumarno, Dapil 3 (Sawangan-Bojongsari-Cipayung) Lahmudin Abdullah, Dapil 4 (Beji-Cinere-Limo) Nurhasan, Dapil 5 (Sukmajaya) Azhari dan Dapil 6 (Pancoranmas) Fitri Hariono.

Namun, pada Pemilu 2019, partai berlambang matahari terbit ini kehilangan dua kursi dan menyisakan empat kursi DPRD Kota Depok di Dapil 2 (Beji-Cinere-Limo) Nurhasan, Dapil 4 (Sukmajaya) Azhari, Dapil 5 (Cilodong-Tapos) Igun Sumarno dan Dapil 6 (Sawangan-Bojongsari-Cipayung) Lahmudin Abdullah. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah