Lurah Pangkalanjati, Tarmuji

RADARDEPOK.COM – Kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pangkalanjati, Cinere Kota Depok tengah menggiatkan sosialisasi gerakan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Aksi ini sebagai tindak lanjut surat edaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terkait peringatan hari Hipertensi sedunia tahun 2022.

Lurah Pangkalanjati, Tarmuji menyebut, dalam surat edaran tersebut, aparatur dan stakeholder diminta untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan peringatan hari hipertensi sedunia 2022. Caranya dengan menyebar luaskan informasi dan edukasi terkait pentingnya pengukuran tekanan  darah secara berkala. Dan mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dalam mencegah PTM.

Baca Juga : Akhir Mei Pangkalanjati Kocok Ulang Ketua Lingkungan

” Alhamdulillah kami dibantu jajaran LPM dan Karang Taruna telah memulai kegiatan sosialisasi kepada para masyarakat melalui Ketua Lingkungan dan para stakeholder,” ujar lurah kepada Harian Radar Depok, Kamis (18/5).

Dalam surat edaran Dinas Kesehatan tertanggal 9 Mei 2022, ditekankan pentingnya deteksi dini, pengobatan Hipertensi dan komplikasinya. Untuk menyukseskan program tersebut diperlukan dukungan dari seluruh berbagai lintas sektor secara massif dan terintegrasi.

“Kami akan menindaklanjuti segala program dan kegiatan dari semua OPD yang berkaitan dengan kepentingan umum. Termasuk sosialisasi pencegahan dan dekteksi dini PTM yang dirilis Dinas Kesehatan untuk dilanjutkan kepada masyarakat melalui stakeholder dilingkungan,” bebernya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pangkalanjati, Mugeni Sapalas mengaku, siap membantu menyebar luaskan surat edaran Dinas Kesehatan kepada masyarakat melalui pengurus lingkungan. Apalagi ini menyangkut kesehatan masyarakat umum, tentunya pesan pesan pencegahan dan deteksi dini perlu disampaikan  kepada masyarakat.(cr2/rd)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Fahmi Akbar