lalu lintas
MULAI PENGALIHAN : Petugas Kepolisian Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan Kota Depok serta Pemerintah dan Pelaksana Pembangunan saat mengecek lokasi sekaligus menempatkan marka jalan.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mulai Rabu (18/5) pembangunan underpass Jalam Dewi Sartika dimulai. Pasalnya petugas kepolisian bersama Dinas Perhubungan Kota Depok telah mempersipkan marka jalan untuk dimulainya pengalihan arus.

Wakil Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol David Purba menerangkan, pengalihan arus lalu lintas telah di mulai Selasa (17/5) malam hari. Marka jalam seperti barier sudah diletakan di Jalan Sejalar Rel Depok Baru.

“Betul malam sudah akam ditutup sambil kita sosialisasikan nanti dilapangan,” ungkapnya.

Kompol David menyampaikan, untuk melancarkan arus lalu lintas Polres akan menerjunkan 35 personel di lokasi Jalan Dewi Sartika.

“Kami juga akan diperbantukan dari Dishub dan Satpol PP,” lanjut David.

Ia meminta agar seluruh pengendara untuk mematuhi marka jalan yang telah diletakan petugas untuk kelancaran arus lalu lintas, sehingga tidak terjadi kemacetan.

Diketahui penutupan perlintasan KA Jalan Dewi Sartika dimulai pukul 23.30 WIB sampai 31 Desember 2022 mendatang.

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Marbudi memaparkan, selama pengalihan arus lalu lintas, maka Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Nusantara, dan Jalan Dewi Sartika diberlakukan dua arah.

“Tadinya jalan jalan tersebut diberlakukan satu arah, selama pembangunan akan dilakukan dua arah,” tambahnya.

Adapun rincian petugas yang diterjunkan untuk mengatur lalu lintas, Dishub 20 personel, TNI menyesuaikan, dan Satpol PP 10 personel.

Ada empat titik pengalihan lalu lintas yang diterapkan di kawasan pembangunan tersebut, di antaranya Jalan Pitara menuju Jalan Margonda, Jalan Raya Sawangan Menuju Margonda, Jalan Rambutan menuju Jalan Raya Sawangan, serta Jalan Dewi Sartika menjadi dua arah.

Sementara itu, arus dari arah barat di Jl Dewi Sartika dibelokkan ke kiri ke jalan sejajar rel, mengarah Stasiun Depok Baru, turunan flyover Arif Rahman Hakim ke sebelah kiri. (rd/arn)

Pengalihan Lalu Lintas Pembangunan Underpass

Mulai Ditutup :

18 Mei 2022 – 31 Desember 2022

Personel :

– Polres : 35 orang

– Dishub : 20 orang

– Satpol : 10 orang

– TNI : Menyesuaikan

4 Titik Pengalihan Lalin :

– Jalan Pitara menuju Jalan Margonda

– Jalan Raya Sawangan Menuju Margonda

– Jalan Rambutan menuju Jalan Raya Sawangan

– Jalan Dewi Sartika menjadi dua arah

Rincian Pengalihan Lalin :

1. Jalan Pitara menuju Jalan Margonda

Arus dari Jl Pitara dibelokkan ke kiri memasuki Jl Raya Sawangan kemudian belok kanan ke Jembatan Sting, belok kanan ke arah Simpang Lima Sengon lurus ke Jl Dewi Sartika atau belok ke kiri ke Jl Nusantara Raya.

2. Jalan Raya Sawangan menuju Jalan Raya Margonda

Arus dari Jl Raya Sawangan di belokkan ke kiri di jembatan Sting kemudian belok kanan ke Jl Salak Raya lanjut Simpang Lima Sengon.

3. Jalan Rambutan menuju Jalan Raya Sawangan

Arus dari Jl Rambutan tidak boleh lurus ke Jembatan Sting, tapi harus belok ke kiri ke Jl Salak Raya-putar arah di Simpang Lima Sengon.

4. Jalan Dewi Sartika 2 Arah

Diperuntukkan bagi kendaraan yang mengarah pasar, tempat belanja, Stasiun Depok Baru dan permukiman sekitar lanjut ke Jl AR Hakim. Sedangkan arus dari Jalan Dewi Sartika tidak boleh belok ke kanan Jalan Nusantara, melainkan ke arah Sawangan, kemudian belok kanan di jembatan Sting lanjut Jalan Salak Raya.

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro