PLNPEDULI : Manager PLN UPT Cawang Rizal Pahlevi saat memberikan bantuan CSR kepada salah satu UMK yamg berada di kawasan Gardu Induk (GI) Cimanggis dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, di Kantor GI Cimanggis, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Selasa (24/5).FOTO:ANDIKA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – PT PLN UPT Cawang melalui Gardu Induk (GI) Cimanggis menyalurkan 3 tiga CSR sekaligus lewat program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada pelaku usaha warga Jatijajar, di GI Cimanggis, Jalan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Selasa (24/5).

Total tiga CSR yang diberikan kepada UMKM sebesar Rp70 juta. Dengan rincian UMK Wanita Desa Rp20 juta, Bank Sampah Nusa Indah dan Katar Rp30 juta, dan UMK Emas Hitan senilai Rp20 juta.

Manager PLN UPT Cawang Rizal Pahlevi mengatakan, bantuan yang diberikan adalah amanat Undang-undang, sehingga pihaknya bertanggung jawab melaksanakan amanat tersebut.

“CSR memang menjadi amanat undang-undang, jadi kami mencoba memilih apa dan siapa yang bisa kami bantu,” katanya.

Pemberian CSR tersebut bertujuan agar memiliki manfaat yang mencakup hajat hidup orang banyak, dengan mendukung secara sosial dan lingkungan yang ada di area GI Cimanggis ini.

Rizal menuturkan, semoga program ini bisa berjalan  secara terus menerus. Sehingga apa yang diberikan dari PLN dapat lebih berkembang dalam bidang produksi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lainnya.

“Kami tidak bisa jalan sendiri, tidak bisa biarkan mitra kami tidak berkembang sedangkan ada amanat yang disampaikan. Ini harus terus berjalan secara baik ke depannya,” ungkap Rizal.

Dari bantuan yang disalurkan, ke depan akan ada evaluasi untuk melihat sejauh mana manfaat bantuan yang diberikan PLN. Hal ini agar ke depan dapat diketahui tentang apa yang dibutuhkan, dan bisa menjalin kemitraan sampai bermanfaat.

Ditegaskan Rizal, bila kemitraan bisa menjadi perpanjangan tangan PLN untuk memberikan informasi terkait adanya manfaat baik dengan keberadaan PLN.

Sehingga mitra juga bisa menyampaikan hal-hal yang harus dijaga karena berada dalam kawasan GI Cimanggis. Kegiatan mitra juga menunjang dan bermanfaat di masyarakat dan kerjasama ini bisa berkelanjutan.

“Kami harapkan mitra bisa jadi perpanjangan tangan kepada masyarakat. Terkait berbagai hal yang harus dijaga, semua untuk kepentingan bersama,” paparnya.

Dilokasi yang sama, salah satu perwakilan PLN UIT JBB Gandul, Ade Sobandi menambahkan, TJS diharapkan menjadi silaturahmi bersama dengan masyarakat.

“TJSL berharap silaturahmi kita bersama dengn masyarakat. Ini pertama kali ketemu dengan warga,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga PLN mengedukasi warga terkait hal berbahaya agar lingkungan setempat semakin mendapat keberuntungan dengan adanya GI Cimanggis yang dibawakan kepala pelaksana PLN UPT Cawang, Muntahar.

Menanggapi penyaluran bantuan tersebut, Koordinator UMK Emas Hitam, Yosef Effendi menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada PLN yang telah memberikan dukungan kepada usahanya.

“Saya sangat berterima kasih. Ini akan sangat membantu kami dalam pengembangan usaha kami di bidang arang kayu dan batok,” ungkapnya.

Hal serupa juga dilontarkan, Ketua Bank Sampah Nusa Indah, Ayati. Dirinya berharap semoga bantuan ini bisa menjadi amanah untuk bekerja sama dengan PLN serta masyarakat.

“Semoga amanah bisa bekerjasama ke depan, tentunya bisa bermanfaat. Semoga jadi keberkahan untuk semua,” kata Ayati.

Seirama dengan itu, Ketua UMK Wanita Desa, Dewi Darmawati menyampaikan, bantuan dapat meningkatkan produksi untuk lebih berkembang dalam menciptakan produk makan yang terbaik.

“Saya ucapkan beribu-ribu terima kasih, dengan bantuan ini kita bisa belikan peralatan baru dan canggih untuk produksi,” pungkasnya.(rd/cr1)

Jurnalis : Andika Eka Maulana

Editor : Febrina