dekranasda
PAMERKAN : Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly farida saat memamerkan produk Dekranasda Kota Depok yang ikut serta dalam Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), di Kota Bandung, Jawa Barat. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat Kota Depok harus berlomba-lomba untuk lebih produktif dalam mengolah produk untuk lebih bermanfaat yang memiliki nilai jual. Pasalnya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok turut memamerkan kerajinan tangan yang ramah lingkungan di Jawa Barat.

Berbagai kerajinan tangan Dekranasda Kota Depok mejeng di Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) yang berlangsung di Trans Convention Center, Kota Bandung, mulai dari 14-16 Mei 2022.

Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida mengatakan, ini menjadi semangat para masyarakat untuk terus produktif menciptakan produk yang masih bisa dikelola secara baik.

“Pastinya ini bisa menambah gairah para pengrajin untuk lebih menciptakan karya yang lebih baik lagi,” terangnya.

Produk Kota Depok yang dipamerkan adalah yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Semua yang dipamerkan sesuai dengan tema ramah lingkungan.

Salah satu produk masyarakat Depok yang dipamerkan yaitu eco print, yang berbahan dasar kulit maupun limbah yang dibisa didaur ulang.

“Seperti diapers yang diubah menjadi pot bunga, karena tujuannya untuk menjaga lingkungan agar bersih dan terjaga dengan melakukan satu pemanfaatan dari limbah-limbah yang ada,” jelas Bunda Elly, sapaannya.

Dirinya juga mengajak masyarakat Depok untuk lebih peduli pada lingkungan dengan lebih peduli dan peka terhadap barang yang dapat di daur ulang.

Bunda Elly menyarankan, untuk bertukar ide sesama pengrajin serta mengikuti pelatihan yang sering dibuat Dekranasda ataupun pemerintah, sehingga produk-produk yang dimiliki dapat semakin berkembang.

“Dekranasda akan selalu berkolaborasi dan merangkul para pelaku industri yang ada di Depok,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, Zamrowi menyebut, produk yang diikutsertakan pada pameran kali ini sudah melalui proses kurasi sesuai dengan tema yang diusung.

Sehingga dengan adanya pameran tersebut, diharapkan produk Kota Depok bisa semakin dikenal. Begitu juga pengrajinnya makin kaya akan ilmu yang didapat. “Sehingga dapat meningkatkan peluang usaha yang terjadi di industri kreatif di Depok,” tutupnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro