IMUNISASI BALITA: Kegiatan imunisasi balita di Puskesmas Cinangka pada hari Kamis (19/05). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

Puskesmas Cinangka di Kecamatan Sawangan concern mengadakan imunisasi balita. Kegiatan imunisasi bertujuan untuk memberikan kekebalan pada balita agar tidak mudah terkena penyakit tertentu, tidak hanya dilakukan di Puskesmas, tapi juga diadakan di Posyandu yang ada di tiap RW.

Laporan : Aldy Rama

RADARDEPOK.COM – “Kegiatan imunisasi ini dilakukan secara rutin, karena kita ada jadwalnya,” ujar penanggung jawab imunisasi Puskesmas Cinangka, Bidan Nita kepada Radar Depok.

Nita menambahkan, untuk saat ini kegiatan imunisasi untuk bulan Mei hanya ada dua kali pelayanan vaksin, dan untuk Juni ada lima pelayanan.

“Antusias masyarakat untuk melakukan imunisasi balita sangat baik. Namun, di saat pandemi ini kita membatasi pelayanan di dalam gedung itu 10 bayi agar tidak terjadi penumpukan pasien,” ucap Nita.

Nita mengatakan, minat masyarakat lebih tinggi untuk imunisasi di Posyandu karena lebih dekat dengan rumah, karena itu kegiatan imunisasi juga di lakukan di Posyandu. “Terdapat 6 jenis vaksin dalam imunisasi,” ungkapnya.

Nita menjabarkan, vaksin BCG untuk mencegah penyakit TBC, Polio dan IPV untuk mencegah penyakit polio, DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertussis, tetanus, dan MR untuk mencegah campak.

“Terdapat juga jenis vaksin Hepatitis B (HB0), jenis vaksin ini di berikan untuk bayi yang baru lahir, namun kegiatan vaksin imunisasi ini hanya dapat dilakukan di Puskesmas yang ada Polikliniknya, seperti di Puskesmas Kedaung,” tambahnya.

Nita memberikan himbauan agar ibu-ibu tidak perlu ragu untuk melakukan imunisasi kepada anak-anaknya, karena imunisasi dasar lengkap sangat penting untuk kesehatan dan berperan untuk membentuk imunitas, agar bayi dan balita tidak mudah terserang penyakit. (*)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah