PSP berbagi

Oleh : Bagus Wahyu Adi Nugraha

Mahasiswa Magister Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta

 

KOMUNITAS Perkampungan Sosial Pingit atau komunitas PSP adalah sebuah komunitas yang memiliki visi pelayanan yang mendampingi warga binaan dan memberikan tempat tinggal bagi keluarga tuna wisma. Selain itu, Komunitas PSP juga memberikan pelayanan pendampingan terhadap anak-anak warga sekitar, yaitu pelayanan kelas belajar dan bermain. PSP Pingit dikelola dan dikoordinir oleh para Frater atau Calon Romo di Kolosani, Kota Baru. Komunitas PSP sendiri memiliki volunteer dari berbagai kalangan, yang kebanyakan adalah mahasiswa dari berbagai macam-macam jurusan dari berbagai kampus di Yogyakarta.

Komunitas PSP Pingit sendiri terbagi dari beberapa Divisi dalam pendampingan dan pelayanan, yaitu Divisi Anak yang berfokus mendampingi anak-anak dalam kegiatan bermain dan belajar bersama. Kemudian ada Divisi Media Sosial yang mengelola dan membagikan setiap kegiatan yang diadakan olek Komunitas PSP Pingit. Selanjutnya, terdapat divisi warga yang berfokus pada pendampingan warga binaan, hingga bersinergi dengan warga tetap di daerah Pingit.

Pada Divisi Warga, salah satu program kerja yang rutin diadakan adalah Bazaar Baju Murah untuk warga binaan dan warga tetap pingit. Tetapi, bazaar baju yang rutin diadakan oleh Divisi Warga PSP Pingit ini sempat tertunda karena Pandemi, sehingga 2 tahun kebelakang sempat tidak terlaksana.

Namun, pada Ramadhan 2022 kemarin, akhirnya Bazaar Rakyat yang biasa dilaksanakan oleh kembali dan berjalan dengan baik. Persiapan bazaar mulai dari penyortiran baju dari donatur, hingga pelaksaan saat hari H, dapat terlaksana dengan baik. Bazaar Baju Murah ini, selain bagian dari pelayanan Divisi Warga terhadap Warga Binaan dan Warga Tetap Pingit, juga dapat membantu warga sekitar untuk dapat berlebaran menggunakan baju baru, namun dengan harga yang terjangkau.

Antusiasme warga pingit akan adanya Bazaar ini pun sangat tinggi, karena memang acara Bazaar ini selalu dinantikan setiap tahunnya, ditambah karena sekali lagi faktor pandemi sehingga Bazaar Rakyat yang biasa diadakan tidak dapat dilaksanakan.
Tak butuh waktu lama, setelah bazaar dibuka, Warga Pingit langsung berbondong-bondong datang dan menyerbu stand pakaian yang disediakan panitia. Tidak perlu waktu lama, baju-baju yang dijual di Bazaar laku keras dengan cepat. Antusiasme warga Pingit pun tak surut walau sempat hujan rintik-rintik.

Acara yang rutin dilakukan oleh Komunitas PSP Pingit merupakan bagian dari pengabdian masyarakat, khususnya bagi Warga Binaan dan Warga Tetap Pingit supaya dapat memenuhi kebutuhan sandang mereka. Juga sesuai dengan slogan PSP Pingit, yaitu Dare to Serve, di mana, pelayanan adalah focus utama dari Komunitas PSP Pingit. (*)