SAMBANGI : Kepala Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari ketika menyambangi pasien. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Upaya Puskesmas Mampang dalam melayani kesehatan untuk masyarakat tidak main-main. Mereka memiliki terobosan untuk menyambangi langsung ke rumah masing-masing.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM – Langkah demi langkah kaki Kepala Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Wulandari mulai menyusuri jalan-jalan kecil di wilayah tugasnya.

Dia bermaksud untuk menyambangi pasien langsung kerumahnya. Sebab, tidak semua dari orang yang memiliki sakit itu dapat berjalan menuju fasilitas kesehatan setempat.

Naweng menyadari, melayani masyarakat bukanlah yanh mudah. Perlu tindakan nyata untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien-pasien yang kesulitan untuk keluar rumah dan pergi ke Puskesmas karena kondisi kesehatannya,” kata dia kepada Radar Depok, Kamis (26/05).

Sasarannya, didapati Puskesmas Mampang dari laporan warga dan kader kesehatan atau juga dari RT dan RW. Kegiatan ini dilakukan rutin terutama bagi warga yang memang membutuhkan penanganan atau tindakan dengan segera.

“Selama pandemi kemarin memang agak dibatasi untuk mencegah penularan,” tuturnya.

Bahkan, sebut Naweng, untuk beberapa kasus, pihaknya juga mengantarkan obat ke rumah pasien. Tak jarang, dia juga secara langsung menyambangi rumah warga untuk memeriksa kesehatannya. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah